Anggaran Program Belum Bisa Dibayar

H. M. Syakirin Hukmi. (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di Kota Mataram mengeluh. Pasalnya, pekerjaan tuntas dikerjakan tidak bisa dibayar karena anggaran tidak bisa dicairkan.

Seorang pegawai pelaksana program di Pemkot Mataram mengeluhkan, program yang telah dikerjakan tidak bisa dibayar. Pasalnya, Badan Keuangan Daerah (BKD) tidak memperbolehkan dicairkan anggaran pengganti uang (GU). Padahal, ganti uang diperlukan untuk program rutin. “GU ndak bisa dicairkan. Jadi gak bisa kita bayar program yang sudah jalan,” kata pegawai yang enggan disebut identitasnya.

Iklan

Keterbatasan dana ini mengakibatkan program tidak bisa berjalan maksimal. Pihaknya sempat menanyakan permasalahan tersebut ke BKD. Alasannya kata sumber, sedang merapikan sistem keuangan sehingga tidak menimbulkan permasalahan.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Badan Keuangan Daerah Kota Mataram, H. M. Syakirin Hukmi menegaskan, ganti uang tidak bisa dicairkan karena mendekati anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) perubahan. Kebiasaannya terjadi OPD anggaran, padahal surat perintah pencairan dana (SPPD) sudah dikeluarkan. Hal ini perlu diantisipasi agar tidak menimbulkan masalah. “Iya, karena ini mau perubahan anggaran saya ambil langkah antisipasi. Jangan sampai SP2D sudah keluar malah OPD menggeser anggaran,” katanya.

Syakirin menambahkan, munculnya permasalahan ini diakibatkan sistem informasi perencanaan daerah (SIPD) tidak optimal diterapkan. Langkahnya adalah pergeseran anggaran harus dimasukkan dalam SIPD. Jika anggaran dimasukkan dan terkunci di Simda, secara otomatis tidak bisa digeser.

Dia mencontohkan, anggaran pembelian seragam. Apabila SP2D dikeluarkan tiak boleh lagi digeser karena uangnya sudah dicairkan. “Nanti ada kode warna merah. Itu artinya anggaran tidak bisa digeser,” pungkasnya.

Langkah antisipasi dimaklumi sebagai besar OPD, sehingga OPD sudah menyelesaikan pergeseran anggaran demi kebaikan bersama. (cem)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional