Anggaran PMD DP2KBPMD KLU Nihil

Ilustrasi dokumen anggaran (sumber foto : maxpixel)

Tanjung (Suara NTB) – Dinas Pengendalian Penduduk KB PMD meyakini tak bisa maksimal melakukan pembinaan di kalangan aparatur pemerintah desa. Pasalnya, dukungan anggaran untuk pembinaan melalui pertemuan tatap muka bagi aparatur 43 desa pada APBD murni 2021, nihil.

Hal itu dibenarkan Kepala Bidang PMD pada DP2KBPMD KLU, Atmaja Gumbara, Selasa, 26 Januari 2021. Ia mengungkapkan, pembinaan aparatur desa dalam perencanaan maupun pelaksanaan anggaran tidak dapat berjalan seperti tahun sebelumnya. Tidak adanya anggaran menyebabkan pihaknya tidak dapat membina pengelolaan keuangan desa sebagaimana dilakukan.

Iklan

“Anggaran pembinaan keuangan Desa nol dia. Anggaran ini benar-benar tidak ada sama sekali untuk APBD tahun ini,” ujar Atmaja.

Idealnya, kata dia, pembinaan tata kelola keuangan desa dilakukan setiap tahun pada tahap perencanaan. Selain itu, pembinaan juga mengarah pada peningkatan kapasitas aparatur desa agar eksekusi APBD berjalan sesuai mekanisme yang ada.

Atmaja memilah, bagi desa definitif lama, pengelolaan keuangan desa oleh aparatur desanya mengikuti pakem regulasi. Namun tidak jarang, beberapa aparat juga masih mempertanyakan sejumlah persoalan karena tidak semua memiliki pemahaman yang sama.

“Yang paling berat menurut kami adalah tata kelola keuangan di 10 desa baru. Wajib sifatnya mereka diberi pembinaan, supaya tidak ada kekeliruan dalam pelaksanaan. Apalagi ini tahun pertama mereka mengelola APBDes,” ucapnya.

Kendati demikian, sambung Atmaja, pihaknya mempersilahkan kepada setiap aparatur desa untuk melakukan komunikasi atau konsultasi informal. Dalam hal ini, konsultasi dapat dilakukan di ruang kerja atau bahkan di luar jam kerja.

“Kami tetap akan berusaha maksimal. Kalau ada yang tanya, di luar jam kerja pun kami bersedia. Terlebih lagi ada 10 desa yang baru ini, tentu harus kita berikan pemahaman tentang aplikasi Siskeudes ini, karena mereka baru,” sambungnya. (ari)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional