Anggaran Pilkades Serentak Dialokasikan Rp3,8 Miliar

Heri Ramadhan (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Sebanyak 24 desa di Kabupaten Lombok Barat (Lobar) akan menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak tahun ini. Pemda sudah mengalokasikan Rp3,8 miliar untuk penyelenggaraan pilkades serentak yang akan digelar pertengahan tahun ini. Sejauh ini tahapan pilkades pun sudah dilaksanakan dinas terkait.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat desa (PMD) Lobar Heri Ramadhan, Senin, 4 Januari 2021. Kepada wartawan, Heri menyampaikan anggaran untuk proses pilkades sudah siap sebesar Rp3,8 miliar.

Iklan

Anggaran Pilkades 2021 terdiri dari transfer ke desa sebesar Rp1.884.959.4000. Anggaran ini melekat di BPKAD. Panitia kabupaten sebesar Rp875.032.000 melekat di Dinas PMD. Untuk pelatihan awal Rp592.408.600 ada di Dinas PMD. Pelantikan sebesar Rp147.600.000, anggaran ini melekat di Dinas PMD. Dan pengamanan oleh Polres dan Kodim Rp300.000.000. Anggaran ini melekat di BPKAD.

Pun ditengah Pandemi Covid-19 ini, Pihak BPMD Lobar akan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai arahan pemerintah. “Kita sesuaikan dengan protokol kesehatan terutama menghindari kerumunan, solusinya dengan memperbanyak sebaran Tempat Pemungutan Suara (TPS),” tambahnya.

Tak hanya saat proses pemilihan, saat pelantikan pun pihaknya akan melakukan pembatasan dengan tidak mengundang banyak orang. “Karena kita tahu pendukung para calon kades ini sangat banyak dan lebih fanatik. Kita akan batasi,” jelasnya lagi.

Ditanya jadwal pelaksanaan Pilkades Serentak itu, Heri Ramadhan hanya menyampaikan pelantikan kades terpilih akan dilakukan Juni 2021 mendatang. Pria yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas PMD Lobar itu pun menegaskan bahwa tahapan-tahapan pilkades sudah mulai dilakukan sejak saat ini. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional