Anggaran Pengamanan MotoGP Rp20 Miliar

Imam Thobroni. (Suara NTB/why)

Mataram (Suara NTB) – Polda NTB menyiapkan pengamanan lokasi gelaran MotoGP di Sirkuit Mandalika, Pujut, Lombok Tengah. Meskipun gelaran balapan itu baru akan digelar tahun 2022 mendatang, namun anggarannya pun sudah tersedia dan siap digunakan.

‘’Kita sudah memiliki dana pengamanannya, sudah ada mata anggarannya. Itu kurang lebih Rp20 miliar,’’ sebut Karo Ops Polda NTB Kombes Pol Imam Thobroni, Kamis, 15 April 2021.

Iklan

MotoGP Mandalika baru digelar tahun 2022 mendatang. Sejumlah infrastruktur utama seperti lintasan sirkuit dan pendukungnya seperti akses kawasan masih dikerjakan.

‘’Lintasan sirkuit sudah hampir jadi, tapi tempat-tempat penonton, paddock, pagar-pagarnya belum. Ada nanti Juni akan disurvei lagi. Tapi kita dari Polda sendiri pada dasarnya sudah siap pengamanannya,’’ kata Imam.

Untuk mematangkan lagi pengamanan, imbuh dia, awalnya sempat ada rencana untuk studi banding ke negara tetangga yang sudah langganan menggelar MotoGP. Seperti Thailand di Sirkuit Buriram dan Malaysia dengan Sirkuit Sepang-nya.

“Tapi karena Covid-19, kita tidak laksanakan. Walaupun begitu, intinya mereka datang sekarang pun kita akan amankan. Kita sudah punya agenda pengamanan sepanjang tahun, dari Januari sampai Desember,” paparnya.

Imam menjelaskan, pola pengamanannya nantinya akan menggunakan sistem berlapis. Mulai dari ring paling kecil di kawasan sirkuit, area yang berbatasan dengan sirkuit dan ring paling terluar.

Pola pengamanan ini diperkuat lagi dengan alat utama pengamanan seperti kendaraan taktis, kendaraan pengawalan, fasilitas evakuasi dan alat komunikasi terintegrasi. ‘’Tinggal kapan-kapan saja pelaksanaannya kita siap. Sekarang hanya perlu latihan-latihannya saja,’’ tutup Imam. (why)

Advertisementfiling laporan pajak ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional