Anak TK Dikenalkan Kegiatan Ramadhan

Kegiatan Ramadhan di TK IT-KB IT Andalusia yang diberi nama Pelangi Ramadhan di Andalusia.(Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Taman Kanak-kanak (TK) Islam Terpadu (IT)-Kelompok Bermain (KB) IT Andalusia Islamic Pre School melaksanakan berbagai kegiatan selama bulan Ramadhan yang diberi nama Pelangi Ramadhan di Andalusia. Berbagai kegiatan itu untuk mengenalkan para peserta didik mengenai berbagai kegiatan selama Ramadhan.

Kepala TK IT-KB IT Andalusia, Choirina Dwi Nafisah, S.Pd.I., pada Jumat, 7 Mei 2021 menyampaikan, berbagai kegiatan di TK IT- KB IT Andalusia yaitu mengenal tentang puasa, baik dari arti puasa, sahur, berbuka, doa-doanya, dan tarawih. “Juga mengenal tentang Idulfitri, dan zakat fitrah,” ujarnya.

Iklan

Para peserta didik juga diajak untuk membuat kartu lebaran, merangkai parsel dan berbagi sembako. Di samping itu, peserta didik juga diajak untuk sedekah harian. Termasuk melaksanakan praktik salat tarawih, praktik salat Idulfitri, dan praktik takbiran.

Choirina menjelaskan, dengan meningkatkan dan mendisiplinkan sedekah harian, supaya anak-anak terbiasa dan ringan dalam berbagi. Pahalanya pun berlipat karena dilakukan di bulan Ramadhan. “Begitu juga dengan merangkai parsel lalu berbagi sembako. Mengajak orang tua dan ananda meningkatkan semangat berbagi memanfaatkan momen Ramadhan,” jelasnya.

Sementara untuk kegiatna pengenalan tentang puasa seperti arti puasa, doa, sahur, dan berbuka, mengenai Idulfitri, dan takbiran bertujuan untuk mengenalkan kepada anak-anak sejak dini tentang ibadah khusus di bulan Ramadhan.

“Supaya kelak semakin bertambahnya usia, ananda akan semakin ringan dan merasa senang menjalani kewajiban ibadahnya di bulan Ramadhan,” harapnya.

Terkait membuat kartu lebaran, Choirina mengatakan tujuannya untuk mengasah kreativitas anak. “Melatih fokusnya ananda dan melatih sosial emosionalnnya,” ujarnya. (ron)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional