Anak-anak Loteng Deklarasikan Anti “Merariq Kodeq”

Praya (suarantb.com) – Momentum perayaan Hari Anak Nasional (HAN) di Lombok Tengah (Loteng) dimeriahkan dengan pembacaan deklarasi anak dan deklarasi anti Merariq Kodeq (menikah di usia dini) oleh anak-anak Loteng.

Perayaan tersebut juga dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise, Sabtu 23 Juli 2016. Ketua Forum Anak, Baiq Rizkia Dwiyana Meliandari dalam pidatonya mengharapkan peran semua pihak untuk terus membimbing anak-anak Indonesia menjadi pribadi yang berbudi luhur serta senantiasa menjunjung tinggi kejujuran.

Iklan

“Kehadiran bunda Yohana hari ini merupakan kado terindah bagi anak-anak Lombok Tengah, karena dengan begini bunda akan menaruh perhatian lebih pada tumbuh kembang kami. Titip salam kami kepada ayahanda kami, bapak Presiden Joko Widodo. Berikan kami keteladanan agar ada sosok yang dapat kami panuti, senantiasa menjunjung kejujuran,”  ujar Rizkia.

Deklarasi anak dan deklarasi anti Merariq Kodeq merupakan harapan anak-anak Loteng agar hak-hak mereka dipenuhi. Hak-hak tersebut antara lain hak untuk mendapatkan akta kelahiran, beasiswa sekolah, fasilitas forum anak, sarana dan prasarana bagi anak berkebutuhan khusus.

Kemudian memperbanyak taman bermain dan taman belajar terbuka bagi anak, memperbanyak sumber informasi anak. Serta menyediakan call center yang terintegrasi dengan pihak berwajib. Selain membacakan deklarasi, anak-anak Loteng juga menyampaikan petisi bertajuk ‘Mimpi Anak Lombok Tengah Menjadi Generasi Hebat 2045. (szr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here