Amran Berpeluang Isi Jabatan Kadis Dukcapil

H. Amran M. Amin. (Suara NTB/dok)

Mataram (Suara NTB) – Teka – teki pejabat yang bakal mengisi jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) mulai terjawab. Kepala Dinas Perdagangan, H. Amran M. Amin berpeluang dipilih oleh Kementerian Dalam Negeri menggantikan posisi yang ditinggalkan Chaerul Anwar setelah tugasnya berakhir Desember 2020 lalu.

Informasi dihimpun Suara NTB, tiga nama diajukan oleh Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana ke Kementerian Dalam Negeri untuk mengikuti seleksi. Yakni, Kepala Dinas Perdagangan H. Amran M. Amin, H. Syaekhul Islam dan Moh. Suryadi, masing – masing menjabat sebagai Staf Ahli Setda Kota Mataram.

Iklan

Dalam proses seleksi ketiganya langsung diwawancarai oleh Dirjen Kementerian Dalam Negeri secara daring pekan kemarin. Proses wawancara dilaksanakan secara bergiliran di Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Jalan Pejanggik, Kelurahan Mataram Barat.

Peluang Amran mengisi jabatan Kadis Dukcapil terlihat dari rekam jejaknya sebagai lurah dan camat. Di samping itu, proses wawancara oleh Dirjen Kemendagri berjalan dengan baik dan sejumlah pertanyaan mampu dijawab. Berbeda halnya dengan H. Syaekhul Islam dan Moh. Suryadi harus menjalani proses wawancara tidak lebih dari lima menit.

Asisten III Setda Kota Mataram, Dra. Hj. Baiq Evi Ganevia dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu, 16 Juni 2021 mengatakan, proses pengisian jabatan Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil tidak seperti jabatan lainnya. Mekanismenya pemerintah daerah mengajukan tiga nama ke Kementerian Dalam Negeri. Kemendagri lanjut Evi, akan melakukan tahap tes wawancara secara langsung. “Yang pilih itu langsung dari Kemendagri,” jawab Evi.

Dia tidak memungkiri bahwa tiga nama yakni H. Amran M. Amin, H. Syaekhul Islam dan Moh. Suryadi diajukan oleh pejabat pembina kepegawaian ke Kemendagri. Ketiganya telah menjalani proses seleksi berdasarkan ketentuan yang diatur oleh pemerintah pusat.

Proses seleksi dimaksud Evi, di antaranya, pembuatan makalah serta wawancara. Wawancara langsung oleh Dirjen Adminduk Kementerian Dalam Negeri. “Saya cuma pantau lewat ruang saja. Tes wawancaranya hari Senin, 7 Juni 2021,” akunya.

Peluang Kadis Perdagangan H. Amran M. Amin mengisi jabatan Kadis Dukcapil diamini. Hal itu terlihat dari proses wawancara. Tetapi keputusan sepenuhnya di Kementerian Dalam Negeri. Surat keputusan pengangkatan Kadis Dukcapil berada di pemerintah pusat. Pemerintah daerah hanya melantik berdasarkan surat keputusan tersebut. (cem)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional