Ambrol Akibat Banjir, Talud Kali di Dasan Geres Belum Diperbaiki

Giri Menang (Suara NTB) – Talud Kali Batu Dedeh Dasan Geres, Kelurahan Dasan Geres, Kecamatan Gerung yang ambrol akibat hujan deras beberapa hari lalu belum diperbaiki. Warga yang ditemui di lokasi, mengaku talud itu ambrol sejak beberapa hari lalu.

“Namun hingga kemarin masih belum diperbaiki,” akunya.

Iklan

Hujan yang berjam-jam turun di wilayah setempat, membuat debit air di Kali Batu Dedeh naik. Arus menjadi deras, sehingga salah satu titik talud tak mampu menahan, hingga ambrol. ”Gara-gara hujan deras kemarin, hanya satu titik yang ambrol,” ungkapnya.

Bagian yang ambrol di sisi sebelah barat Jembatan Kali Dendeng itu biasa digunakan oleh warga sekitar untuk jalan masuk kampong, khususnya kendaraan roda dua, sehingga dibutuhkan penanganan cepat dari pihak terkait. Untungnya, material yang ambrol tidak sampai turun ke sungai, menutupi arus sungai.

Dikonfirmasi terkait hal kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) I Made Arthadana mengaku pihaknya sudah turun mengecek kondisi talud. Sesuai mekanisme, pihaknya akan menyiapkan perencanaan perbaikan. ”Kita upayakan untuk kita programkan di APBD Perubahan,” ujarnya.

Diakuinya, hasil pengecekan tim, baru satu titik yang rusak, sehingga sudah dilakukan pengecekan di mana titik-titik yang kritis memerlukan sentuhan.

Menurutnya, ada beberapa titik yang menjadi prioritas perbaikan. Bagian yang ambrol itu tepat berada di samping jembatan Kali Dendeng sebelah barat. Dampak bagian yang ambrol hanya mengganggu pengguna jalan saja sebab talud juga digunakan untuk jalan kendaraan roda dua.(her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional