Amankan Gelaran WSBK, Polisi Siapkan Pengamanan Berlapis

Mohammad Iqbal. (Suara NTB/dok)

Praya (Suara NTB) – Polda NTB telah menyiapkan konsep pengamanan gelaran World Superbike (WSBK) Championship 2021. Untuk memastikan event balap dunia tersebut bisa berjalan aman dan lancar, Polda NTB menyiapkan pengamanan hingga tiga lapis. Dengan total personel yang akan diterjunkan sebanyak 1.957 orang.

Kapolda NTB, Irjen. Pol. M. Iqbal, kepada wartawan ditemui usai meninjau  pelaksanaan vaksinasi di SMK Negeri 1 Praya, Jumat, 1 Oktober 2021, mengatakan, sejak seminggu terakhir, pihaknya bersama dengan stakeholder terkait sudah duduk barsama, berdiskusi dan mengumpulkan data-data yang diperlukan untuk mendukung penyiapan konsep pengamanan nantinya.

Iklan

‘’Kami ingin sponsor dan penyelenggara tinggal fokus pada penyelenggaraan event balapan. Masyarakat bisa welcome kepada pengunjung yang datang. Karena pengamanan sudah disiapkan oleh Polri dan TNI serta elemen pendukung lainnya,’’ terang Iqbal seraya menambahkan, karena event balapan digelar di tengah pandemi, maka penerapan protokol kesehatan tetap menjadi perhatian.

Kabid Humas Polda NTB, Kombes Pol. Artanto, menambahkan, pengamanan dengan pelibatan personel secara keseluruhan sudah akan dimulai pada event Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) tanggal 12 sampai 14 November 2021. Dan, akan dilanjutkan dengan WSBK sepekan kemudian.

Polda NTB sendiri nantinya akan menerjunkan sebanyak 896 personel. Dibantu personel Polres jajaran di Pulau Lombok sebanyak 861 personel. Ditambah personel TNI sebanyak 200 orang. Sehingga total personel yang diterjunkan sebanyak 1.957 orang.

Personel pengamanan itu nantinya akan dibagi dalam tiga ring pengamanan. Di mana untuk ring tiga, terdiri dari zona barat, meliputi pengamanan hotel dan zona tengah kawasan The Mandalika. Kemudian untuk ring dua, meliputi zona tengah dan timur kawasan The Mandalika. Untuk ring satu, area Sirkuit Mandalika.

Sebelumnya ini memang sudah dilaksanakan Focus Discusion Grup (FGD) bersama Pemprov NTB dan stakeholder terkait lainnya. Tujuan untuk menyamakan persepsi. Sehingga pada saatnya nanti diharapkan semua dapat berperan sesuai fungsinya masing-masing. ‘’Dalam waktu dekat Presiden akan berkunjung bersama beberapa menteri. Untuk mengecek kesiapan personel, pengamanan di lokasi sirkuit. Termasuk bandara dan jalan menuju sirkuit serta lokasi akomodasi serta tempat lainnya,’’ jelasnya.

Guna kelancaran dalam pelaksanaan tugas pengamanan di kawasan Sirkuit Mandalika nantinya, masing-masing satuan kerja (Satker) sudah melakukan pelatihan. ‘’Untuk menyempurnakan pola pengamanan, kita juga akan minta masukan dan tanggapan dari tokoh masyarakat dan agama di lingkar sirkuit. Supaya semua elemen benar-benar terlibat dalam mendukung pengamanan event balapan dunia itu nantinya,’’ ujar Artanto. (kir)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional