Alumni Eropa Buka Peluang SDM dan Produk NTB di Jerman

H. MSN. Kasdiono. (Suara NTB/bul)

Mataram (Suara NTB) – Produk-produk lokal NTB memiliki peluang untuk dipasarkan di Jerman. Tidak hanya itu, pun SDM-SDM provinsi ini juga berpeluang belajar dan bekerja di negara itu. Peluang ini sampaikan H.MNS. Kasdiono, usai memfasilitasi pertemuan perwakilan lembaga alumni Eropa dengan Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah.

“Selanjutnya akan bertemu juga dengan Pak Gubernur, Dr. Zul untuk membahas hal ini,” kata Kasdiono di Mataram, Kamis, 7 Januari 2021. Mantan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi NTB ini menjelaskan, alumni Eropa ini telah memiliki jaringan di Jerman. Bahkan yang memiliki perusahaan. Melalui jejaring dan perusahaan merekalah, produk-produk NTB bisa di pasarkan.

Para alumni Eropa ini, lanjut Kasdiono, telah membuka keran bagi produk-produk Indonesia dipasarkan di Jerman. Bahkan Papua sendiri sudah difasilitasi memiliki Papua Center di Berlin, ibukota Jerman. Kasdiono menambahkan, peluang ini dapat ditangkap untuk lebih memaksimalkan produk-produk lokal NTB go internasional.

“Barangkali kita bisa memiliki NTB Center juga nanti di Berlin,” imbuhnya. Kasdiono mengatakan, banyak diantaranya produk NTB yang layak dipasarkan di panggung internasional. Dari hasil alam (komoditas), hingga hasil-hasil kerajinan. Selain itu, fasilitas oleh lembaga alumni Eropa ini juga mengarah kepada kerjasama untuk pengembangan SDM NTB belajar ke Jerman. “Katanya luas Belin itu tak jauh dari luasnya Kalimantan. Ada sekitar 400-an perguruan tinggi. Bisa digagas kerjasama bagi SDM-SDM lokal belajar, bahkan bekerja di Jerman,” kata Kasdiono.

Sebagai komisaris di PT. Gerbang NTB Emas (GNE), mantan Anggota DPRD Provinsi NTB ini juga telah mempertemukan para alumni Eropa ini dengan jajaran PT. GNE. Bahkan,  ada mimpi besar, membawa GNE sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) go Jerman untuk mengembangkan pasar NTB. (bul)