Alumni Diarahkan Mampu Kembangkan Bisnis

Salah satu usaha budidaya jamur tiram alumni Undikma di Labuapi Lobar. (Suara NTB/ist)

Mataram (Suara NTB) – Dunia pekerjaan kian memaksa persaingan tidak hanya dengan perguruan tinggi lainnya, akan tetapi juga antar sesama lulusan perguruan tinggi dari kampus yang sama. Oleh sebab itu, dibutuhkan kemampuan membangun unit usaha bisnis agar tercipta peluang-peluang kerja baru bagi para alumni.

Kepala Unit Inkubator dan Bisnis Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma) Ismail Efendi, mengharapkan agar para alumni bisa memacu jiwa bisnisnya di tengah masyarakat. Ada banyak potensi bisnis yang bisa digarap oleh para alumni.

Iklan

Selain itu, mereka bisa belajar dari banyak pengalaman alumni lain dalam memulai membangun bisnisnya. Salah satunya ialah sebagaimana banyak dikembangkan alumni Undikma yakni dengan membangun bisnis usaha budidaya jamur tiram.

Menurutnya, usaha budidaya jamur tiram sangatlah mudah. Apalagi bagi mahasiswa Undikma di Prodi Biologi. Terdapat satu mata kuliah khusus yang membicarakan budidaya jamur,sehingga secara teoritis tentu memiliki basis teoritis yang kuat.

Karena budidaya jamur tiram ini relatif mudah, ada banyak kelompok masyarakat yang kini mulai melakukan budidaya sebagai usaha mereka. Bahkan permintaan mengisi kegiatan pembinaan budidaya baik di kampus dan sekolah terus dilakukan.

“Kegiatan budidaya jamur seringkali kami lakukan baik di kampus sekolah dan pembinaan di tengah masyarakat. Kita diundang untuk memberikan pelatihan,” ungkapnya.

Terlebih, kata dia, budidaya jamur tiram di Lombok sangat cocok sekali secara geografis. Sehingga harapan ke depan ada generasi penerus dari alumni yang bisa mengembangkannya di tengah masyarakat. Saat ini di sejumlah tempat alumnimulai melakukan budidaya misalnya terdapat di Praya Lombok Tengah, Lombok Utara, Alas Kabupaten Sumbawa, Bima dan Lombok Barat.

“Alhamdulillah karena banyak hal yang bisa kita nikmati dari budidaya jamur ini karena ringan tidak menyita waktu tidak mengganggu pekerjaan kantoran. Terutama yang pensiunan untuk mengisi kekosongan,” ungkapnya.

Dia pun berharap Undikma sebagai kampus mampu terus membangun sinergi dengan para alumni ke depannya.

“Undikma banyak sekali produk-produk dosen. Harapan kami ke depan melalui IKA Undikma bisa mengekspos semua sumber daya yang dimiliki dosen-dosen Undikma,” paparnya. (dys)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional