Alot, Evakuasi KMP Sita Giri Nusa

Giri Menang (Suara NTB) – Proses evakuasi Kapal Motor Penumpang (KMP) Sita Giri Nusa yang bertolak dari Pelabuhan Padangbai menuju Lembar di Gili Rengit Sekotong berlangsung alot. Kapal ini berangkat dari Bali pukul 11.00 siang Selasa lalu. Penyebab kapal ini kandas, akibat cuaca buruk dan human error.

Proses evakuasi penumpang memakan waktu lumayan lama, karena baru sore hari bisa dievakuasi. Demikian pula evakuasi kapal dan muatan baru selesai Rabu kemarin. Untungnya, semua penumpang dalam kondisi selamat.

Iklan

Kepala Seksi Keselamatan Pelayaran dan Patroli KSOP Lembar, Fariman, menjelaskan, evakuasi penumpang dan kru kapal dilakukan Selasa malam melibatkan tim KSOP, OPP, polisi dan Basarnas. Proses evakuasi dilakukan setelah dilakukan pemeriksaan terhadap penumpang kondisinya dalam keadaan baik, mereka dievakuasi menggunakan fastboat.

Dirincikan, penumpang di kapal tersebut sebanyak 67 orang, terdiri dari 60 dewasa di antaranya dua orang turis dan empat anak-anak. Selain itu ada ABK sebanyak 18, sehingga total penumpang dan ABK sebanyak 78. Jika dihitung penumpang anak-anak maka totalnya mencapai 85.

Sedangkan untuk muatan kapal, yakni truk besar sebanyak 2 unit, tronton 2 unit, truk sedang 3 unit, kendaraan pribadi 3 unit dan sepeda motor 9 sehingga totalnya mencapai 19 unit. Evakuasi kapal dari lokasi kandas baru bisa dilakukan Rabu, 14 Juni 2017. Proses evakuasi selesai sekitar 14.42 Wita. Kapal ini dibawa ke pelabuhan Lembar untuk melakukan bongkar muat. (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here