Alokasikan 5.000 Dosis Vaksin di KEK Mandalika

Esty Setyo Nugroho (Suara NTB/kir)

Praya (Suara NTB) – Kepolisian bakal mengalokasikan sekitar 5.000 dosis Covid-19 yang akan diarahkan khusus untuk vaksinasi di kawasan The Mandalika. Dengan sasaran masyarakat umum dan pelaku wisata di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) tersebut. Rencananya, vaksinasi akan dilaksanakan secara bertahap mulai pekan depan.

Kepada Suara NTB, Kapolres Loteng, AKBP Esty Setyo Nugroho, S.I.K., Kamis, 12 Agustus 2021, mengatakan kuota vaksinasi tersebut memang dikhususkan untuk kawasan The Mandalika. Vaksinasi ini sebagai langkah persiapan jelang gelaran event internasional di kawasan tersebut. “Sebagai penguatan, kita targetkan 5.000 dosis vaksin diberikan kawasan green zone The Mandalika dan rencana (vaksinasi) akan dimulai minggu depan,” terangnya.

Iklan

Ia mengatakan, vaksinasi untuk di lingkar kawasan The Mandalika jadi salah satu priotitas. Mengingat, ada beberapa event internasional yang bakal digelar di kawasan tersebut, sehingga perlu ada penguatan dengan optimalisasi vaksinasi guna mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 ketika event internasional mulai digelar di kawasan tersebut nantinya.

Dalam hal ini, pihak kepolisian tidak bekerja sendiri. Jajaran TNI juga turut membantu dengan melakukan vaksinasi bagi masyarakat umum di desa-desa lingkar ataupun berada dekat dengan kawasan The Mandalika. Begitu pula pemerintah daerah juga akan mengalokasikan jatah vaksin lebih banyak untuk wilayah Loteng bagian selatan.

“Dalam hal ini kita tidak sendiri. Sebelumnya jajaran TNI sudah memulai dengan menggelar vaksinasi di Desa Penujak dan juga rencana di Awang pekan depan. Diperkuat lagi oleh pemerintah daerah. Jadi semua kita bekerja simultan. Supaya luasan cakupan layanan vaksinasi di Loteng, khususnya di wilayah selatan dan lingkar kawasan The Mandalika lebih luas lagi,” terangnya.

Terpisah, Bupati Loteng, H.L. Pathul Bahri, S.IP., menegaskan memang ada rencana penguatan vaksinasi di wilayah Loteng bagian selatan, khususnya di lingkar kawasan The Mandalika. Hal ini untuk mengantisipasi sekaligus persiapan menghadapi event internasional yang bakal digelar di kawasan The Mandalika nantinya dan, hal itu sudah dibicarakan di tataran Forkopimda Loteng.

“Jajaran Forkopimda pada prinsipnya sudah sepakat, ke depan vaksinasi akan lebih difokuskan di wilayah Loteng bagian selatan. Tentunya dengan memperbanyak alokasi vaksin di wilayah tersebut. Misal 70 persen banding 30 persen dengan wilayah utara. Targetnya, sebelum event internasional digelar, target vaksinasi untuk masyarakat umum di wilayah bagian selatan sudah tercapai,” imbuhnya. (kir)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional