Alat Berat Mulai Diturunkan Bersihkan Bendungan Batujai

Praya (suarantb.com) – Bendungan Batujai Lombok Tengah (Loteng) mulai dibersihkan dari tumbuhan eceng gondok yang menutupi permukaan sungai. Pantauan suarantb.com saat melintasi bendungan, dua alat berat diturunkan membersihkan hama eceng gondok di permukaan sungai, Kamis 28 Juli 2016.

Diketahui, pembersihan bendungan Batujai merupakan proyek dari Balai Wilayah Sungai (BWS) yang hingga saat ini bermasalah karena proyek tersebut terindikasi adanya korupsi. Kasus dugaan korupsi alat berat proyek dari BWS Nusa Tenggara I hingga saat ini masih dalam proses penyelidikan. Proyek yang mencapai Rp. 1,5 miliar tersebut merupakan pengadaan mesin pembersih eceng gondok di Bendungan Batujai Loteng.

Iklan

Humas BWS, Hanan saat dihubungi suarantb.com mengatakan kedua alat berat tersebut mulai diturunkan sejak tiga hari yang lalu. Menurutnya alat berat tersebut merupakan hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dalam rangka uji coba peralatan.

”Ow iya pak, sejak tiga hari yang lalu (diturunkan alat berat). Kami mencoba alat hibah dari kementerian pekerjaan umum, jadi dalam rangka uji coba peralatan saja, di samping itu kan ini akan menjadi kegiatan rutin di situ (bendungan) untuk pemeliharaannya,” ujar Hanan melalui sambungan telepon, Jumat 29 Juli 2016.

Sebelumnya Kapolres Loteng, AKBP Nurodin S.I.K saat ditemui di Mataram mengatakan alotnya proses penyelidikan kasus tersebut dikarenakan agar tidak ada persepsi yang berbeda pada masyarakat, sehingga pihak Kepolisian berencana akan melakukan cek alat pembersih eceng gondok tersebut. Namun belum diketahui kapan pihak Kepolisian segera melakukan cek alat berat tersebut.

Diketahui, pengadaan alat berat ini terealisasi atas bantuan dari Ditjen Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PU tahun anggaran 2013, dengan pemenang tender yaitu PT Sumber Logam Nusantara (SLN). Alat tersebut berfungsi menghancurkan eceng gondok dan mengatasi pendangkalan sungai.  (szr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here