Akun WA Sekda Lotim Dipalsukan

H. M. Juaini Taofik. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Kejahatan melalui jaringan elektronik menyasar pejabat pemerintah di Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Tak main-main, pelaku memalsukan akun WhatsApp (WA) Sekretaris Daerah (Sekda) Lotim. Adapun pelaku diketahui bermodus untuk memberikan bantuan penanganan virus Corona (Covid-19).

Dikonfirmasi Suara NTB, Minggu, 4 Juli 2021, Sekda Lotim Drs. H. M. Juaini Taofiq mengakui pemalsuan akun WA-nya. Informasi itu diketahuinya setelah adanya konfirmasi dari kerabatnya yang mendapat pesan terkait modus yang digunakan oleh pelaku. “Sekitar sepuluh orang yang konfirmasi ke saya yang mendapat pesan dari WhatsApp itu,” terangnya.

Iklan

Salah satu yang beredar yaitu modus memberikan dana bantuan Covid-19 kepada lembaga atau yayasan di Lotim yang seolah-olah berasal dari dirinya selaku Sekda Lotim. Sekda mengaku tidak pernah memberikan ataupun menjanjikan bantuan kepada siapapun. Untuk itu, orang nomor tiga di Kabupaten Lotim ini meminta kepada yang mendapat pesan itu supaya berhati-hati dan tidak mudah percaya.  “Kalaupun ada, tentu kita menggunakan cara-cara resmi,” tegas Sekda.

Dalam pengakuannya, Sekda mengungkapkan pelaku menggunakan nomor berbeda, namun menggunakan fotonya di profil WA untuk menyebar informasi pemberian bantuan tersebut. Sekda menegaskan nomor teleponnya hanya satu yang aktif. Sedangkan untuk foto, ia tidak menampik dapat diperoleh dari mana saja. Perbuatan ini tentunya sangat merugikan dirinya selaku pejabat pemerintah maupun dapat merugikan masyarakat. “Saya tegaskan bahwa itu bukan nomor handphone saya. Ini pemalsuan dengan menggunakan foto saya di profil WA itu. Insya Allah hari Senin kita laporkan kasus ini ke pihak berwajib,”pungkasnya. (yon)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional