Aksi Bhayangkari NTB di Gunung Rinjani

0

Mataram (Suara NTB) – Bhayangkari NTB menjajal trek pendakian Gunung Rinjani akhir pekan lalu. Membawa misi bahwa alam tidak hanya untuk dinikmati, tetapi untuk dicintai.

Ekspedisi Explore Rinjani dipimpin langsung Dina Firli, istri Kapolda NTB, Brigjen Pol Firli. Rute Senaru-Sembalun dilahap tuntas selama tiga hari dua malam dengan tim beranggotakan 11 orang.

IKLAN

“Ada mengaku mencintai alam tapi pada kenyataannya banyak yang tidak,” ujarnya ditemui Senin, 28 Agustus 2017. Hal itu ia ungkapkan karena prihatin dengan pemandangan kecil tetapi tak bisa disepelekan di sepanjang jalur pendakian. Di antaranya sampah yang berserakan, vandalisme, serta tindakan yang menganggu kelestarian alam, seperti mencabut bunga edelweis.

Dina menyayangkan moral para pendaki tak sejalan dengan keinginan besar menaklukkan gunung api tertinggi kedua di Indonesia tersebut.

“Setidaknya membersihkan sampah kita sendiri. Misalnya di tenda, sampah kita ya kita bersihkan. Kemas, bawa pulang,” kata dia.

Aksi demikian ia praktikkan di sepanjang jalur pendakian. Ia prihatin kemegahan Rinjani lambat laun tergerus sampah.

“Mulai dari sendiri,” kata Dina. Ia membayangkan jika setiap pendaki memiliki moral yang sama. Maka mewujudkan Rinjani yang bersih bukan sebatas retorika semata.

“Selain yang buang sampah seenaknya, ada juga yang coret-coret. Ini setidaknya sebagai pembelajaran untuk kita mencintai alam kita,” jelasnya.

Pun demikian mengenai tanaman Edelweis yang masuk salah satu flora dilindungi. Menurutnya, Edelweis akan tampak indah di tempatnya tumbuh, di ekosistemnya sendiri.

Pengalamannya sebagai pegiat pencinta alam sejak SMA memberinya pelajaran. “Dulu, saya sering ke Gunung Lawu, pernah petik juga. Walaupun katanya bunga abadi, kalau dibawa turun layu juga, rontok juga,” bebernya.

“Alangkah baiknya kalau bunga itu tetap di sana. Kita menikmatinya cukup mengabadikan dengan berfoto dengan tumbuhan itu tanpa harus memetik,” timpalnya.

Dina berpesan, Rinjani sebagai salah satu kekayaan alam NTB sudah sewajibnya dijaga. Rinjani tak semata obyek pariwisata, namun juga sumber kehidupan. (why)