Akses Pendukung MotoGP 2021, Mendesak, Pelebaran Jalan Menuju Gili Mas

Kedatangan wisatawan kapal pesiar disambut gendang beleq di Pelabuhan Gili Mas Lembar, beberapa waktu yang lalu. (Suara NTB/her)

Mataram (Suara NTB) – PT. Pelindo III Cabang Lembar sebagai pengelola Pelabuhan Kapal Pesiar mendorong percepatan pelebaran ruas jalan provinsi sepanjang 7 km dari Pelabuhan Lembar – Pelabuhan Gili Mas. Pembangunan akses jalan ini juga termasuk dalam mendukung perhelatan MotoGP Mandalika 2021 mendatang.

“Semoga lebih cepat. Itu kita berharap. Kita doakan akses itu bisa dipercepat, tahun ini selesai. Karena MotoGP, salah satu pendukungnya akses. Kita harus mendukung program MotoGP ini,” kata General Manager PT. Pelindo III Cabang Lembar, Baharuddin dikonfirmasi di Kantor Gubernur, Rabu, 12 Agustus 2020.

Iklan

Dengan kondisi ruas jalan dari Pelabuhan Lembar – Pelabuhan Gili Mas yang ada sekarang, memang perlu dilakukan pelebaran jalan. “Cukup mendesak dilebarkan. Semua stakeholders sangat mengharapkan pelebaran akses jalan itu,” katanya.

Salah satu pintu masuk wisatawan atau penonton MotoGP adalah Pelabuhan Gili Mas. Pelabuhan kapal pesiar Gili Mas dapat menampung dua kapal pesiar sandar dalam waktu bersamaan.

Untuk tahun ini, kata Baharuddin, ada lima kapal pesiar yang akan sandar di Pelabuhan Gili Mas. Sebanyak lima kapal pesiar dengan kapasitas penumpang 2.000 – 3.000 orang per kapal tersebut, rencananya akan sandar pada triwulan IV 2020, yaitu sekitar bulan Oktober, November dan Desember.

Terkait pelebaran jalan provinsi dari Pelabuhan Lembar – Pelabuhan Gili Mas sepanjang 7 km, Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, SE, M. Sc telah mengajukan usulan ke Menteri PUPR bersamaan dengan rencana pelebaran jalan dua jalur dari Bundaran Kuta – Bypass KEK Mandalika.

Ruas jalan Lembar – Pelabuhan Gili Mas yang diusulkan dilebarkan sepanjang 7 km dengan kebutuhan anggaran Rp55 miliar. Sedangkan jalan dua jalur dari Bundaran Kuta – Bypass KEK Mandalika sepanjang 5,6 km dengan kebutuhan anggaran Rp141 miliar. Sehingga total kebutuhan anggaran untuk pelebaran jalan provinsi tersebut sekitar Rp196 miliar.

Untuk akses jalan dari Pelabuhan Lembar – Pelabuhan Gili Mas akan dilebarkan menjadi 7 – 9 meter. Sedangkan pelebaran jalan di dekat Sirkuit MotoGP Mandalika rencananya akan dibuat menjadi dua jalur. (nas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here