Akses Pelayanan BPJS Kesehatan Dalam Genggaman

Selong (suarantb.com) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan terus berinovasi memperbaiki pelayanan. Salah satunya, membuat akses layanan yang lebih mudah dan lebih cepat. Akses pelayanan kini cukup dari genggaman.

Seiring perkembangan teknologi yang makin canggih, BPJS Kesehatan pun tak ketinggalan. Diluncurkanlah aplikasi mobile Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Peluncuran aplikasi Mobile JKN ini dilakukan Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris pada Rabu, 15 November 2017 lalu dan dihadiri  Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara.

Iklan

Fachmi dalam siaran persnya mengatakan, Aplikasi Mobile JKN ini merupakan bentuk transformasi digital model bisnis BPJS Kesehatan yang semula berupa kegiatan administratif dilakukan di Kantor Cabang atau Fasilitas Kesehatan, ditransformasi kedalam bentuk Aplikasi yang dapat digunakan oleh peserta dimana saja kapanpun tanpa batasan waktu.

“Kami optimis Aplikasi Mobile JKN dapat dimanfaatkan oleh seluruh penduduk Indonesia sehingga kemudahan mendapatkan layanan JKN-KIS bukan hanya milik penduduk di perkotaan saja namun milik penduduk di seluruh pelosok wilayah Indonesia,” jelas Fachmi.

Aplikasi Mobile JKN syaratnya sangat mudah. Hanya dengan mengunduh aplikasi melalui Google Play Store dan Apple Store. Aplikasi ini direkomendasikan untuk telepon pintar yang menggunakan sistem android versi 4.0 ke atas dan sistem iOS 10. Setelah aplikasi itu terpasang, peserta harus melakukan registrasi pada menu yang tersedia di aplikasi Mobile JKN. Setelah berhasil, peserta bisa masuk dalam aplikasi dan memanfaatkan semua fitur yang tersedia.

Aplikasi yang dapat dioperasikan melalui telepon pintar itu berisi banyak fitur yang berguna bagi peserta JKN-KIS. Setelah mengunduh aplikasi Mobile JKN dan terpasang di telepon pintar, hal pertama yang perlu dilakukan yakni melakukan registrasi atau pendaftaran. Pilih menu registrasi, kemudian isi setiap kolom yang tersedia sesuai dengan data anda. Pastikan anda punya satu surel (email) aktif karena setelah semua kolom diisi, sistem secara otomatis akan mengirim nomor verifikasi ke email tersebut.

Setelah menerima nomor verifikasi melalui surel, aplikasi akan meminta anda menulis nomor verifikasi tersebut. Kemudian, akan muncul keterangan apakah berhasil atau tidak dalam melakukan verifikasi. Jika tidak berhasil, peserta bisa meminta aplikasi untuk mengirim kembali nomor verifikasi. Jika berhasil, hanya perlu mengisi alamat surel atau nomor kartu BPJS Kesehatan dan kata sandi setiap kali masuk ke aplikasi.

Setelah berhasil masuk (log in), pada halaman pertama akan ditunjukan 4 Menu utama dalam aplikasi diantaranya: Menu Peserta, diantaranya ada fitur Catatan Pembayaran.  Menu Pelayanan seperti fitur Riwayat Pelayanan. Menu Umum, antara lain berisi fitur Info JKN, fitur Lokasi, isinya untuk memudahkan peserta mencari faskes yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Fitur itu juga bisa digunakan untuk mencari faskes terdekat. Fitur Pengaduan Keluhan, dalam fitur ini peserta dapat disambungkan dengan BPJS Kesehatan Care Center 1500-400. Fitur Pengaturan, fungsinya menghapus notifikasi, mengubah kata sandi dan keluar dari aplikasi. (*)