Akses Jalan Raya Nanga Tumpu Kembali Tertimbun Longsor

Tampak badan jalan di tanjakan Nanga Tumpu tertimbun material longsor, Minggu, 17 Januari 2021.(Suara NTB/Ist/Sa'dan)

Dompu (Suara NTB) – Akses jalan raya di Desa Nanga Tumpu Kecamatan Manggelewa, kembali tertimbun material longsor berupa tanah dan batuan besar, Minggu, 17 Januari 2021 Pukul 7.00 Wita. Kendati menghambat lanju pengguna jalan, peristiwa itu tidak sampai menimbulkan korban jiwa atau luka-luka.

Salah seorang pengendara, Sa’dan kepada Suara NTB menyampaikan, longsornya tebing curam di tanjakan Nanga Tumpu ini, terjadi tak lama sebelum dirinya melintas menuju Sumbawa.

Iklan

Mendapati aspal jalan tertimbun material, ia terpaksa menghentikan laju kendaraan untuk menghindari longsor susulan. “Karena disana pernah ada korban meninggal tertimpa batu besar sebelumnya, saya terpaksa berhenti sampai kondisi betul-betul aman,” terangnya.

Bencana susulan setelah beberapa bulan lalu terjadi akibat intensitas hujan cukup tinggi, menutup total badan jalan. Karenanya, untuk bisa melanjutkan perjalanan, ia harus melalui jalan tanah. Pun demikian pengedara lain dari arah Dompu-Sumbawa atau Sumbawa-Dompu.

Terpisah, Paur Subbag Humas Polres Dompu, Aiptu Hujaifah dikonfirmasi Suara NTB membenarkan adanya bencana alam longsor di tanjakan Nanga Tumpu. Itu berdasarkan laporan jajaran Polsek Manggelewa usai terjun melakukan pengaturan arus lalu lintas di lokasi tersebut. “Ia memang ada longsor, bencana itu menutup sebagian besar badan jalan,” ungkapnya.

Terkait penanganan material tanah dan bebatuan besar, lanjut dia, jajarannya sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR untuk mendatangkan alat berat. Sedangkan bagi pengguna jalan, terus diingatkan untuk selalu berhati-hati saat melintas. Kondisi tebing yang curam membuatnya sangat rentan longsor, apalagi di tengah curah hujan ekstrim awal tahun ini. “Harus tetap berhati-hati, karena tidak menutup kemungkinan pada titik lain di sepanjang tanjakan akan terjadi longsor di musim hujan ini,” pungkasnya. (jun)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional