Akses Jalan ke Kaldera Tambora akan Dibangun

Mataram (suarantb.com) – Pengunjung Taman Nasional Gunung Tambora (TNGT) akan segera dimanjakan dengan kemudahan akses menuju kaldera gunung yang dikenal dengan letusan dahsyatnya itu. Akses ini akan memudahkan anak-anak hingga orang dewasa bisa mencapai kaldera. Demikian pernyataan Kepala Sub Bagian Tata Usaha (KSBTU) TNGT, Budhy Kurniawan dalam konferensi pers di Media Center Pemprov NTB, Selasa, 4 September 2016.

 4 - 2

Iklan
KSBTU Taman Nasional Gunung Tambora, Budhy Kurniawan dalam acara konferensi pers di Media Center pemprov NTB, Selasa, 4 Oktober 2016.(suarantb.com/ros)

“Kami ingin semua orang bisa merasakan pemandangan kaldera Tambora. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa nanti bisa kesana,” jelas Budhy.

Untuk melengkapi rencana tersebut, pihak TNGT juga akan menyediakan diorama yang bisa membuat pengunjung merasakan suasana di kaldera. “Sebelum ke kaldera, nanti pengunjung bisa menyaksikan diorama untuk merasakan suasana di kaldera,” jelasnya.

Hal ini dilakukan pihak TNGT untuk bisa menarik wisatawan ke Tambora. Karena menurut Budhy, Rinjani dan Tambora memiliki keunikan masing-masing. Keduanya patut untuk dikunjungi wisatawan yang berlibur ke NTB.

Pengelolaan TNGT dikatakan Budhy harus sesuai secara ekologi, ekonomi dan budaya. “Secara ekologi, keadaan alam harus dipastikan tetap konstan. Secara ekonomi bisa menyejahterakan masyarakat sekitar dan secara budaya bisa melestarikan budaya dan adat istiadat setempat,” terangnya.

Selain pembangunan akses jalan, Pemprov NTB juga telah menyelenggarakan beberapa acara untuk menarik wisatawan dan mempromosikan Tambora. Seperti Visit Tambora bulan April 2016 lalu dan Tambora Menyapa Dunia yang digelar tiap tahun mulai 2015 lalu. (ros)