Akses Jalan 9,3 Kilometer Dibangun Tahun ini

Akses jalan rusak di Desa Batu Putih Sekotong akan segera diperbaiki pada tahun ini. (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Akses jalan sepanjang 9.3 kilometer di Desa Batu Putih Kecamatan Sekotong Lombok Barat (Lobar) akan dibangun tahun ini. Akss jalan yang telah lama dikeluhkan ini tengah dalam proses lelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP). Sebagai penunjang destinasi wisata di daerah ini, Pemdes setempat berencana membangun monumen nol kilometer.

Kepala Desa Batu Putih, Fajrin Nur mengatakan terkait rencana pembangunan akses jalan sepanjang 9,3 kilometer ke daerah itu sudah masuk lelang. “Informasi nya sudah masuk lelang, mudahan segera direalisasikan pembangunannya,” jelasnya, Rabu, 5 Agustus 2020.

Iklan

Pembangunan akses jalan ini dimulai dari Simpang Tiga Desa Pelanggan hingga pintu gerbang Taman Wisata Alam (TWA) di Dusun Labuan Poh. Rencananya, jalan ini tidak diperlebar hanya tambahannya rabat satu meter di sisi kiri dan kanan, sehingga lebarnya mencapai 5 meter.

Awalnya lelang proyek ditunda, pada bulan April lalu karena kebijakan refocusing. Namun kembali masuk pada awal Juli lalu dari pihak Bappeda dan awal bulan Agustus dari Dinas PUPR. Rencananya pengerjaan jalan memakan waktu tiga bulan, hingga bulan Desember. Pihak desa dan masyarakat sangat bersyukur dengan rencana pembangunan jalan ini. Karena telah lama dikeluhkan warga, akibat kondisi jalan sempit. Ketika hujan kondisi jalan becek karena berlubang-lubang di mana-mana. Dibangun akses jalan ini pun dinilai akan mampu menunjang pariwisata di daerah setempat.

Untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata, Pihak desa sendiri berencana membangun monumen nol kilometer di daerah perbatasan ujung barat pulau Lombok tersebut. “Kami akan bangun monumen nol kilometer untuk menunjang pariwisata, kami sudah bersurat ke Pemda dan Pemprov untuk minta izin,” jelas dia.

Rencananya monumen ini akan dibangun di kawasan konservasi sumber daya alam, sehingga perlu izin ke Pemprov. Kenapa dibangun monumen nol kilometer? Karena kata dia, posisi daerah ini berbatasan dengan perairan Australia, sehingga perlu ada di daerah ini. Di samping banyak dikunjungi oleh pengunjung, karena di lokasi ini juga ada tower dengan ketinggian sekitar 160 meter. (her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here