Aksar : Bale Pemilu Berikan Dampak Besar bagi Politik NTB

Mataram (suarantb.com) – Ketua KPU NTB, L. Aksar Ansori, SP mengatakan dibukanya “Bale Pemilu” akan memberikan dampak besar bagi perkembangan politik di NTB. Dalam praktiknya, bale pemilu menyediakan akses seluas-luasnya kepada masyarakat NTB yang berminat dalam studi maupun pengkajian politik untuk mengakses informasi terkait Pemilu, baik skala regional maupun nasional.

Ia mengatakan, keberadaan bale pemilu harus direspon oleh semua elemen masyarakat yang ada di NTB, baik sebagai perseorangan maupun kelompok atau instansi. Ia menuturkan, pascaperesmian bale pemilu tersebut, Kantor KPU NTB akan terus dibuka untuk masyarakat umum.

Iklan

“Bale Pemilu ini sesungguhnya bagian dari pilot project untuk rumah pintar Pemilu oleh KPU Pusat. Dan NTB menjadi salah satu dari sembilan provinsi lain di Indonesia. Bale, adalah penamaan semata-mata supaya masyarakat menganggap KPU seperti kita di rumah. Masyarakat bisa hadir baik perorangan maupun kelompok. Harapan kami agar gedung ini menjadi milik masyarakat, dan sejak launching ini, kami akan membukanya setiap hari,” kata Aksar pada saat memberikan sambutan pada peluncuran bale pemilu NTB di kantor KPU NTB, Jumat, 16 September 2016.

Ia berharap keberadaan bale pemilu itu bisa memberikan dampak nyata berupa peningkatan partisipasi politik masyarakat NTB yang lebih berkualitas. Ia menuturkan, partisipasi yang baik dan disertai kualitas akan menghasilkan suasana demokrasi yang baik sehingga memberikan iklim positif terhadap perkembangan dunia politik di NTB. “Kami sudah menghimpun kegiatan Pemilu sejak tahun 1955. Sebagai bagian dari tanggung jawab KPU mengawal demokrasi di NTB,” terangnya.

Selain menyediakan data-data yang sudah dibukukan, juga menyediakan data-data Pemilu kepada masyarakat melalui website yang bisa diakses kapan saja. Menurutnya, hal tersebut untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang kebetulan tidak bisa datang secara langsung ke gedung KPU NTB. “Sejak launching ini kami akan buka setiap hari, selain itu ada juga website yang bisa diakses,” katanya.

Kedepan Aksar berharap, kesadaran politik yang dihasilkan oleh bale pemilu ini berdampak pada meningkatnya kualitas sumber daya manusia NTB khusunya dalam bidang politik. Selain itu, memberikan dampak kepada pemahaman komprehensif masyarakat NTB mengenai Pemilu, baik dari sisi sejarah maupun prosesnya. Sehingga berimbas pada kesadaran masyarakat NTB dalam menentukan pilihan.

“Bale Pemilu merupakan proyek Pemilu yang dicanangkan sebagai wadah pembelajaran dan pendidikan sekaligus sebagai museum politik NTB. Diharapkan memberikan Informasi sejarah Pemilu juga edukasi dan nilai-nilai politik dengan harapan menghasilkan masyarakat yang berpijak pada ranah politik yang manusiawi dengan gagasan pembaharuan, bukan berdasarkan SARA primordial,” tambahnya. (ast)