Akibat Aktivitas Sesar Lokal, Lombok Diguncang Gempa Magnitudo 4,5

Mataram (Suara NTB) – Pulau Lombok kembali diguncang gempa tektonik, Sabtu, 22 Desember 2018 pukul 13.58.26 WITA. Hasil analisa BMKG menujukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 4,5 magnitudo.

Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto, SP, MM menjelaskan  episenter gempa  terletak pada koordinat 8,56 LS dan 116,31 BT. Atau  tepatnya berlokasi di darat pada jarak 15 km timur laut Lombok Tengah, NTB  pada kedalaman 10 km.

Iklan

“Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Mataram, Lombok Tengah V MMI,Lombok Utara, Lombok Barat, Lombok Timur IV MMI, Karangasem III MMI  dan Kuta II MMI,” kata Agus, Sabtu, 22 Desember 2018 siang.

Agus mengatakan jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal. Akibat aktivitas sesar lokal dengan mekanisme pergerakan mendatar (strike-slip).

Ia mengimbau masyarakat di wilayah Lombok Tengah agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (nas)