Akhir Tahun Ini, Warga Mataram Dijanjikan akan Punya Hutan Kota

Mataram (Suara NTB) – Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Mataram optimis proyek hutan kota dan bendungan yang sedang dalam tahap pengerjaan bisa rampung hingga akhir tahun mendatang. Menurut Kepala BLH Kota Mataram, Drs. M. Saleh, pelaksana proyek tersebut telah membuat perhitungan teknis dan diyakini dapat rampung pada Desember mendatang.

“Itu kan sedang jalan. Simultan mereka bekerja. Mereka juga punya (perhitungan) teknis dalam bekerja. Sehingga memungkinkan (rampung) hingga akhir tahun,” jelasnya.

Iklan

Saleh mengatakan hutan kota tersebut akan didominasi vegetasi dibandingkan pembangunan fisik. Pembangunan fisik atau bendungan di tengah hutan kota hanya sebagai pelengkap atau komplemen. Untuk itu pihaknya juga tak terlalu mengkhawatirkan proyek tersebut tak bisa terkejar sampai akhir tahun. “Di hutan kota itu yang dominan itu vegetasi. Fisik itu hanya komplemennya yaitu bendungan,” ujarnya.

Proyek hutan kota termasuk bendungan tersebut dianggarkan Rp 1,9 miliar, turun dari anggaran awal yaitu Rp 2,1 miliar. Saleh mengatakan pihak yang membantu untuk pengadaan pohon di hutan kota tersebut sedang dalam proses pengadaan. Ada spek khusus atau jenis pohon tertentu yang akan ditanam di hutan kota. “Dan sudah ada spek yang ditentukan untuk pohon. Intinya yang ditanam itu bukan bibit, tapi pohon,” jelasnya. Ada 15 jenis pohon yang akan ditanam di hutan kota yang berada di wilayah Kelurahan Babakan, Kecamatan Sandubaya tersebut.

Mantan Camat Selaparang ini menyampaikan hutan kota diharapkan menjadi paru-paru Kota Mataram. Setelah nanti rampung, hutan kota dapat dijadikan tempat rekreasi bagi warga Kota Mataram. “Itu nanti akan jadi sarana sosialisasi dan interaksi warga di sana,” jelasnya.

Warga Babakan juga berharap keberadaan hutan kota dan bendungan dapat memberi dampak ekonomi bagi warga sekitarnya. Seperti yang disampaikan Lurah Babakan, Abdul Rauf kepada Suara NTB belum lama ini. Keberadaan bendungan juga diharapkan dapat mengatasi genangan dan banjir yang kerap melanda Babakan. Babakan adalah salah satu kelurahan yang rawan banjir dan genangan. (ynt)

  Dinas Perkim Tunggu Pembebasan Lahan di Lingkar Selatan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here