Akhir Tahun, BSU Guru Non-PNS Lingkup Kemenag Lotim akan Cair

H. M. Sirojudin. (Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) tuntas melakukan verifikasi terhadap berkas guru non-PNS penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU). Untuk itu, BSU atau subsidi gaji dampak Corona ini direncanakan dapat cair pada akhir tahun ini. Demikian disampaikan, Kepala Kemenag Lotim, H. M. Sirojudin, ditemui di ruang kerjanya, Rabu, 2 Desember 2020.

Dalam pencairan BSU ini, sistemnya langsung dari pusat ke rekening penerima guru non-PNS dan bisa dilihat di Simpatika. Termasuk mengirim nomor rekeningnya dalam layanan Simpatika. “Guru non-PNS ini mendaftar langsung lewat Simpatika dan diseleksi lewat pemerintah pusat. Kita hanya lakukan verifikasi berkas,”ungkapnya.

Adapun berdasarkan berkas yang sudah dilakukan verifikasi sebanyak 11 ribu lebih guru non-PNS. Apalagi pencairan BSU ini merupakan yang pertama kali sebesar Rp600 ribu per bulan. Kendati demikian, belum diketahui secara pasti berapa tahap BSU ini akan dicairkan.

Penerima BLT atau BSU inipun adalah guru dan tenaga kependidikan yang aktif mengajar minimal selama satu semester tahun pelajaran 2020/2021. ‘’Apabila ada permasalahan yang ditemukan di lapangan, diharapkan berkoordinasi dengan Kementerian Agama (Kemenag) setempat,’’ ujarnya. (yon)