Akan Jadi Bank Syariah, Dewan Sarankan Pemegang Saham Rombak Direksi PT. Bank NTB

Mataram (suarantb.com) – Upaya Pemprov NTB mengkonversi Bank NTB menjadi bank syariah harus disiapkan dari sekarang. Salah satunya dengan melakukan perombakan jajaran direksi PT. Bank NTB. Dalam mengelola perbankan syariah membutuhkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) yang berbeda. Untuk itu, kalangan DPRD NTB menilai cukup penting dilakukan perombakan pad ajajaran direksi PT. Bank NTB saat ini.

Hal tersebut dikatakan Ketua Komisi III DPRD NTB, Johan Rosihan, ST. Menurutnya, jika pemeirntah daerah selaku pemegang saham serius mengkonversi Bank NTB, hal itu harus dimulai secepat mungkin. Salah satunya dengan mengganti jajaran direksi PT. Bank NTB yang ada saat ini. Karena direksi yang ada sekarang kompetensinya bukan pada perbankan syariah.

Iklan

“Kalau Pak Gubernur betul-betul serius untuk melakukan konversi ini, coba ganti Dirut dengan orang yang punya latar belakang dan sukses dalam pengelolaan bank syariah di tingkat nasional. Sama dengan ketika menempatkan Pak Komari saat kita ingin memperkuat bank NTB kala itu,” ujar Johan, Kamis, 6 Oktober 2016.

Mneurut politisi PKS ini, peroombakan jajaran direksi merupakan bentuk keseriusan pemerintah daerah yang menginginkan bank konvensional milik daerah itu jika ingin menjadi bank syariah. Menurutnya, pemda tidak usah banyak berwacana tanpa ada realisasi nyata yang dilakukan. Johan menambahkan, pihaknya snagat mendukung konversi menjadi Bank syariah. Karena upaya itu menurutnya tindakan mulia.

“Ya kan keahliannya beda. Kalau pemerintah serius harusnya mulai sekarang diganti. Karena dua tahun bukan waktu yang lama,” tambahnya.

Selain mengganti Direktur Utama, kata Johan, jajaran direksi juga harus ditata dengan personel yang berkompeten di bidang perbankan syariah. Hal ini penting untuk percepatan rencana konversi tersebut. Ia mengatakan kompetensi Dirut PT. Bank NTB yang ada saat ini dalam perbnakan konvensional, bukan perbankan syariah. “Ya dong, kan keahliannya beda. Nanti bertahap pergantiannya sampai dua tahun. Kalau serius harusnya sudah mulai. Jangan hanya wacana,” katanya.

Untuk diketahui, Pemprov NTB menargetkan konversi Bank NTB konvensional menuju Bank Umum Syariah terealisasi pada 2018 nanti. Selain itu Gubernur NTB sangat yakin, konversi Bank NTB menjadi perbankan syariah merupakan langkah baik. (ast)