AKAD Lobar Tolak Pemangkasan ADD

Sahril (Suara NTB/her)

Giri Menang (Suara NTB) – Asosiasi Kepala Desa (AKAD) Lombok Barat (Lobar) menolak pemangkasan atau penyesuaian Alokasi Dana Desa (ADD) sebesar Rp 2 miliar yang rencananya akan dilakukan Pemda untuk menutupi defisit anggaran belanja APBD perubahan tahun ini. Pasalnya desa di tengah situasi Covid-19 ini mendapatkan banyak sekali refocusing seperti untuk BLT DD selama setahun. Belum lagi untuk refocusing 8 persen dari DD. Pihak AKAD berharap agar pemda mempertimbangkan kebutuhan desa. Pemda yang harus mengalah untuk mensiasati hal ini tanpa memangkas ADD.

“Kami tidak setuju pemangkasan ADD, karena desa dalam situasi sekarang ini sudah banyak kebijakan yang direfocusing. Refocusing dari pusat itu sudah berlebihan,” ungkap Sahril Ketua Umum AKAD Lobar, Minggu, 4 Juli 2021.

Iklan

Menurut Sahril, kalau desa lagi dipangkas ADD nya sebesar Rp2 miliar walaupun alasannya dari DAU maupun DAK, maka Pemda diharapkan tetap mempertimbangkan kebutuhan desa. Pemda di sini harus mengalah dengan sistem pengurangan ADD ini.

Diakuinya, di ADD melekat untuk biaya gaji, honor, insentif para kader, sehingga ADD ini tidak bisa dikotak-katik, peruntukannya sudah baku. Bahkan kondisi saat ini saja, ADD masih dirasa masih kurang. Kondisi ADD saat ini desa belum bisa melakukan kegiatan fisik, hanya ke pemberdayaan dan belanja pegawai saja. “Sehingga ADD tidak boleh diganggu gugat, semestinya ditambah,” sarannya.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Lobar Heri Ramadan mengatakan ADD itu disesuaikan karena dana transfer pusat dikurangi termasuk di dalamnya ada DAU, sehingga otomatis pembiayaan ke bawah dikurangi. “Baik ke OPD dan desa,” ujarnya.

Pihaknya mengupayakan agar tidak terjadi penyesuaian ADD. Akan tetapi yang perlu disadari desa, pemerintah saat ini fokus menangani Covid-19. Termasuk vaksinasi yang sedang masif dilaksanakan di Lobar. “Vaksinnya memang dari pusat, tapi untuk operasional vaksinasi dari daerah,” ujarnya. (her)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional