Ajukan Tambahan Kuota Vaksin

H. Lalu Hamzi Fikri (Suara NTB/dok)

SEKJEN Kementerian Kesehatan (Kemenkes), drg. Oscar Primadi, MPH, akan meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di sejumlah titik di Kota Mataram, Rabu, 10 Maret 2021. Kesempatan tersebut akan dimanfaatkan oleh Pemprov untuk meminta tambahan kuota vaksin Covid-19 ke Pemerintah Pusat.

‘’Sekjen Kemenkes akan berkunjung ke sini. Nanti Pak Sekjen datang, kesempatan kita advokasi untuk kuota vaksin,’’ kata Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) NTB, dr. H. Lalu Hamzi Fikri, M.M., MARS., dikonfirmasi disela-sela memantau vaksinasi massal ASN lingkup Setda NTB, Senin, 8 Maret 2021.

Iklan

Ia menyebutkan, warga NTB yang akan menjadi sasaran vaksinasi sebanyak 3 juta lebih. Atau 70 persen dari jumlah penduduk NTB yang mencapai 5,3 juta jiwa. ‘’Paling tidak 70 persen divaksin untuk membentuk herd immunity,’’ ucapnya.

Saat ini, kata Fikri, vaksinasi tahap pertama untuk tenaga kesehatan (nakes) sudah hampir tuntas. Sehingga dilanjutkan dengan lansia di Kota Mataram dan pelayan publik di 10 kabupaten/kota di NTB.

Jumlah sasaran lansia dan pelayan publik yang akan divaksinasi untuk tahap kedua termin pertama ini sebanyak 35.047 orang. Dengan rincian, 13.366 lansia di Kota Mataram dan 21.681 pelayan publik di 10 kabupaten/kota di NTB.

Rincian pelayan piblik yang akan divaksinasi di Kota Mataram 2.971 orang,Lombok Tengah 4.097 orang, Lombok Timur 5.075 orang, Dompu 1.007 orang, Bima 2.002 orang, Kota Mataram 14.318 orang, Sumbawa 1.993 orang, Kota Bima 2.002 orang, Sumbawa Barat 638 orang dan Lombok Utara 944 orang

‘’Kita juga akan sasar pedagang di pasar, sopir, termasuk guru. Pendataan  sedang berproses. Kami sudah diundang oleh pusat untuk pendataan pelayan publik ini. Kita sedang berproses, termasuk kabupaten/kota juga berproses,’’ terangnya.

Untuk tenaga vaksinator, ditargetkan sebanyak 3.000 orang pada Maret ini. Sekarang, katanya, sekitar 50 persen tenaga vaksinator sudah dilatih. ‘’Jadi Maret ini juga berproses, berpacu dengan waktu kita sampai nanti untuk vaksinasi masyarakat,’’ tandasnya. (nas)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional