Ajukan Anggaran Rp700 Miliar

0
H. Lalu Gita Ariadi (Suara NTB/nas)

PEMPROV NTB mengajukan tambahan anggaran ke Pemerintah Pusat sebesar Rp700 miliar untuk membenahi infrastruktur pendukung jelang perhelatan MotoGP 2022. Semula, NTB mengajukan anggaran sebesar Rp500 miliar termasuk di dalamnya tambahan dana untuk pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika ruas Kuta – Keruak sepanjang 5,3 km.

“Sedang kita perjuangkan kurang lebih Rp700 miliar, usulan kita tambah. Mudah-mudahan ada tambahan nanti. Sedang diperjuangkan untuk berbagai hal,” kata Sekda NTB, Drs. H. Lalu Gita Ariadi, M.Si., dikonfirmasi Suara NTB, Jumat, 10 Desember 2021.

IKLAN

Gita menjelaskan, saat ini anggaran untuk pembenahan jalan depan Sirkuit Mandalika baru sebesar Rp16 miliar melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2022. Dengan adanya usulan tersebut diharapkan adanya tambahan DAK untuk pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika sesuai rencana awal sebesar Rp140 miliar.

“Kalau dari DAK yang kita persiapkan untuk fungsional jalan itu Rp16 miliar. Tetapi bersamaan dengan itu, sedang dicarikan pola-pola. Karena setelah ratas itu, Pak Gubernur memerintahkan OPD-OPD ke kementerian/lembaga untuk berjuang terus. Bagaimana mendapatkan tambahan DAK untuk mendukung MotoGP,” jelas Gita.

Pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika menjadi salah satu direktif Presiden, Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) saat rapat terbatas dengan 8 menteri dan Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc., di Istana Bogor, beberapa waktu lalu. Jalan depan Sirkuit Mandalika dengan nama ruas Kuta – Keruak sepanjang 5,3 km tersebut akan diperlebar seperti jalan bypass dua jalur dan empat lajur dengan lebar 30 meter.

Kepala Dinas PUPR NTB, Ir. H. Ridwan Syah, M.M., M.Sc., M.T.P., mengatakan jika ruas jalan depan Sirkuit Mandalika tak tertangani maka akan terjadi kemacetan yang luar biasa saat perhelatan MotoGP 2022. Pasalnya, jumlah penonton diperkirakan lima kali lipat dibandingkan saat gelaran World Superbike (WSBK) Mandalika, 19 – 21 November lalu yang mencapai 15.000 – 20.000 orang.

Anggaran yang dibutuhkan untuk pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika sebesar Rp140 miliar. Tahun 2022, sudah diperoleh Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp16 miliar. Sehingga, masih ada kekurangan anggaran sebesar Rp124 miliar.

Untuk mengatasi kekurangan anggaran untuk pembenahan kekurangan-kekurangan infrastruktur pendukung jelang MotoGP Mandalika 2022, dilakukan dengan dua opsi oleh Pemerintah Pusat. Pertama, DAK untuk NTB ditambah. Dan kedua, penambahan dana APBN yang dikelola oleh kementerian terkait.

Sebelumnya, Gubernur mengajukan permintaan dukungan anggaran untuk pembenahan kekurangan infrastruktur pendukung, penghijauan, penambahan ambulans dan alat medis, pengembangan UMKM dan promosi pariwisata sebesar Rp500 miliar.

Usulan yang disampaikan yaitu, dukungan anggaran untuk pelebaran jalan depan Sirkuit Mandalika. Kedua, fasilitas keselamatan jalan dari bypass mulai dari Kota Mataram sampai Mandalika. Ketiga, penataan lingkungan, taman-taman yang berada di akses jalan bypass BIL – Mandalika termasuk jalan Kuta – Sengkol dan lainnya. Keempat, menghijaukan bukit-bukit yang ada di sekitar kawasan Mandalika. Termasuk pengembangan UMKM dan promosi pariwisata. (nas)