Ajang Arubalympics 2020, Fakultas Teknik Unram Boyong Sembilan Medali

Tim PSTI FT Unram usai memenangi ajang Arubalympics tingkat nasional pose bersama. (Suara NTB/ist)

Mataram(Suara NTB) – Tim Arubalympics Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Mataram (PSTI FT Unram) sukses memboyong 9 medali terdiri dari, 4 medali emas, 1 medali perak dan 4 medali perunggu di ajang Arubalympics yang digelar secara daring pada 5-14 Agustus lalu.

Tim yang berhasil mengharumkan almamater di kancah nasional tersebut terdiri atas dua dosen PSTI yakni Arik Aranta, S.Kom., M.Kom., Ahmad Zafrullah M, S.T., M.Eng dan empat orang mahasiswa PSTI yaitu Muhammad Afif Ma’ruf, Yayank Muhammad Abdussyakur, Zhafran Saloom, Wahyu Alfandi.

Iklan

“Tim PSTI itu ditugaskan mengikuti kompetisi Arubalympics yang dilaksanakan selama 9 hari mulai tanggal 5 Agustus sampai dengan 14 Agustus 2020,” jelas Ketua PSTI FT Unram Prof. D. Eng, I Gede Pasek Sutawijaya, S.T., M.T.

Diakuinya, Arubalympics adalah kompetisi daring (e-competition) di bidang Intelligent Network yang diprakarsai oleh Aruba, Aptikom, dan Ekoji Academy.

E-competition-nya dikemas dalam format pelatihan secara virtual (asynchrounus e-learning) yang diselenggarakan selama 9 (sembilan) hari,” jelasnya.

Dosen Ahli Image Processing itu menambahkan Aruba yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang IT  bekerjasama dengan Aptikom (Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer ) dan Ekoji Academy memberikan beasiswa kepada 500 kampus informatika untuk mengikuti pelatihan berbasis e-learning dengan tema bahasan “The Intelligence Campus Network 4.0” itu.

“Atas keberhasilan Tim Arubalympics PSTI, Unram berhasil berada di urutan ke-6 dari 350 Perguruan Tinggi dari 34 provinsi di bidang Informatika dan komputer yang ikut dalam kompetisi ini. Semoga prestasi ini dapat terus ditingkatkan sebagai sumbangan kecil untuk mendukung kemajuan Unram,” ujarnya.

Sementara Ahmad Zafrullah M, S.T., M.Eng., menambahkan, setiap tim lomba dari Perguruan Tinggi seluruh Indonesia yang berpartisipasi pada acara tersebut, harus mengikuti pembelajaran daring setiap hari dan selanjutnya peserta akan diminta untuk mengikuti kuis online untuk mengukur penguasaan materi dari setiap topik bahasan yang dikompetisikan.

“Teknis lombanya setiap hari diberikan soal baru, kemudian diberikan waktu menjawab dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore,” tutur dosen Tim Arubalympics PSTI Unram itu.

Selain itu peserta dengan nilai tertinggi dan tercepat dianugerahi medali emas, perak, atau perunggu. Di samping itu, tim yang berhasil lulus (meraih nilai minimal  65 dari skala 100), diberikan Certificate of Completion yang dikeluarkan secara kolektif oleh Aruba, Aptikom, dan Ekoji Academy. “Unram menyumbang  4 medali emas, 1 medali perak dan 4 medali perunggu untuk NTB,” serunya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WR III) Unram Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani, M.Si mengapresiasi capaian gemilang yang diraih Tim Arubalympics PSTI FT Unram dalam kompetisi bergengsi tingkat nasional itu.

“Selamat atas keberhasilan Tim Arubalympics PSTI FT Unram, Semoga prestasi yang membanggakan  ini menambah harum nama Universitas Mataram dan meningkatkan kinerja bidang Kemahasiswaan,” katanya. (dys)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional