Ahyar Siapkan Putranya Maju sebagai Calon Walikota

Ahyar Abduh (Suara NTB/cem)

Mataram (Suara NTB) – Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh tak membantah memiliki keinginan untuk mengusung putra sulungnya Badruttamam Ahda, untuk maju pada pemilihan Walikota/Wakil Walikota Mataram 2021 mendatang. Peta politik akan dilihat sebelum benar – benar mendorong putranya bertarung.

“Iya, perlu saya lihat dulu dinamikanya dan saya akan berikan masukan – masukan,” kata Ahyar Abduh ditemui, Selasa, 7 Mei 2019.

Iklan

Untuk mengusung putranya, Ahyar dipastikan telah memiliki strategi termasuk kendaraan politik. Namun demikian, Walikota dua periode ini enggan secara gamblang menyebutkan detail partai apa dan dengan siapa akan berpasangan.

“Saya kira ini terlalu pagi,” jawabnya singkat. Kendati demikian dia melihat masyarakat mulai mengekspresikan pilihan politik mereka dengan cara melihat serta membaca figur mana yang cocok menggantinya di 2021 mendatang. Dalam kontestasi politik di Kota Mataram, Badruttaman Ahda dan anak – anaknya yang lain tidak pernah diarahkan untuk menjadi apapun. Dia hanya menekankan mereka untuk menuntut ilmu.

Terhadap isu yang berkembang bahwa ada komunikasi politik mempersiapkan putra sulungnya berpasangan dengan sejumlah figur dibantah Ahyar. “Saya belum bisa memberikan komentar tentang itu,” timpalnya.

Menurutnya, pekerjaan rumah perlu dituntaskan adalah bagaimana birokrasi di Kota Mataram ini tidak terkotak – kotak atau terjadi frisk- friksi akibat perbedaan pilihan politik. Mencampuradukkan urusan politik dengan birokrasi akan mengganggu pegawai menjalankan tugas mereka. Dia menginginkan, ASN bekerja profesional dan menjaga netralitas. Termasuk menjaga keutuhan, kebersamaan serta kondusivitas di Mataram.

Berkaca dari kontestasi politik lokal maupun nasional Kota Mataram tetap kondusif. Kondisi ini harus dijaga oleh ASN pada Pilkada 2021 mendatang. “Jadi tugas saya itu menjaga kondusivitas. Tidak boleh birokrasi itu berkelompok – kelompok,” katanya mengingatkan.

Walaupun nantinya putra sulungnya maju, ASN tetap menjaga profesionalitas. Diakui Walikota, ia cukup berpengalaman berhadap – hadapan dengan saudara, misan dan siapapun pada pesta demokrasi. Keamanan maupun ketertiban tetap terjaga dengan baik. (cem)