Ahyar dan A. Rahman Hadiri Silaturahmi Fraksi PAN se-Indonesia

Mataram (Suara NTB) – Bakal Calon Gubernur NTB, H. Ahyar Abduh yang juga Walikota Mataram, Sabtu, 25 Februari 2017, menghadiri acara silaturahmi Fraksi PAN seluruh Indonesia yang digelar di Novotel Bogor.

Kehadiran Ahyar tersebut tak urung memunculkan sinyalemen Ahyar akan berduet dengan Ketua DPP PAN yang juga Anggota DPR RI Dapil NTB, H. M. Syafrudin, ST, MM, dengan PAN sebagai salah satu parpol pengusungnyadi Pilkada 2018 mendatang.

Iklan

Syafrudin yang dikonfirmasi usai menghadiri kegiatan ini tak menampik isu itu, namun juga tak membenarkannya. Saat ditanyai wartawan soal apakah ini akan menjadi sinyalemen ia akan diduetkan untuk mendampingi Ahyar di Pilkada 2018, Syafrudin hanya menjawab diplomatis.

“Ya, ini kan hanya silaturahmi saja. Kita pada prinsipnya terbuka dengan seluruh pihak. Tapi sejauh ini, memang beliau yang hadir di sini. Kalau ada orang yang menafsirkan ini sebagai sebuah sinyalemen koalisi atau apa, ya silakan saja,” ujar Syafrudin.

Syafrudin mengakui, Ahyar memang hadir di kegiatan tersebut dan ia sempat pula berkomunikasi dengan Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan. Ahyar tidak datang sendiri, melainkan juga dengan Wakil Walikota Bima, H. A. Rahman H. Abidin.

Menurut Syafrudin, dirinya hanya mendampingi saja kehadiran Ahyar di lokasi kegiatan PAN tersebut. Syafrudin menegaskan, ini merupakan bagian dari tugasnya selaku Ketua DPP PAN dan Pembina Wilayah PAN untuk NTB.

“Karena memang sekali lagi, ini adalah proses komunikasi yang sifatnya terbuka,” tegasnya.

Syafrudin tidak mengutarakan secara persis apa materi komunikasi yang dijalin Ahyar dengan Zulkifli Hasan selaku Ketua Umum PAN. Namun, ia menegaskan bahwa Ketua Umum PAN hanya berpesan kepada Ahyar dan Rahman sebagai kepala daerah untuk terus bekerja demi memajukan daerahnya masing-masing.

Menurut Zulkifli Hasan, saat ini masyarakat sudah cerdas dalam menilai kinerja seorang pemimpin daerah. Karenanya, Zulkifli Hasan meminta Ahyar dan Rahman untuk terus turun menengok masyarakat-masyarakat yang membutuhkan sentuhan kebijakan dan bantuan dari pemerintah.

“Berikan keyakinan kepada masyarakat, bahwa merekalah yang terbaik,” ujar Syafrudin mengutip pesan Zulkifli Hasan.

Syafrudin menambahkan, dalam kesempatan itu, hadir pula para Ketua DPRD dari PAN yang ada di NTB. Mereka antara lain, Ketua DPRD Kota Bima, Feri Sofyan, Ketua DPRD Kabupaten Bima, Murni Suciati, Ketua DPRD Kabupaten Dompu, Yuliadin dan Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Barat, M. Natsir.

Terkait kemungkinan dirinya untuk tampil di ajang Pilkada 2018, Syafrudin menegaskan hal itu sangat bergantung kepada prinsipnya selaku kader PAN. Sebagai kader, ujar Syafrudin, dirinya akan mematuhi setiap keputusan partai.

“Sebagai kader, saya tidak boleh menolak kalau diperintahkan. Demikian juga sebaliknya. Jadi sekarang kita lihat saja. Semua ini masih berproses. Sekarang, yang bisa kami lakukan di PAN adalah bekerja, mengabdi untuk masyarakat dulu. Dan biarkan masyarakat yang menilai apa yang sudah kami lakukan,” ujar Syafrudin.

Saat kembali ditanyai soal kemungkinan ia mendampingi Ahyar Abduh, Syafrudin enggan memberikan tanggapan. Namun, ia hanya menegaskan bahwa Ahyar adalah sosok pemimpin yang cukup merakyat. Syafrudin juga mengakui, cukup banyak perubahan yang hadir di Kota Mataram di bawah kepemimpinan Ahyar. Meski demikian, ia menegaskan hal itu merupakan penilaian pribadinya.

“Sekali lagi, nanti masyarakatlah yang menilai kinerja pemimpin dan para wakil rakyatnya,” pungkas Syafrudin.

Terpisah, Ketua Tim Pilkada DPW PAN NTB, Syaiful Islam, didampingi Sekretaris tim Pilkada, M. Hadi Sulthon menegaskan bahwa DPW PAN NTB telah menetapkan secara resmi tapahan penjaringan atau pendaftaran Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur akan dimulai Senin, 27 Februari 2017.

“Penjaringan atau pendaftaran calon kada resmi kita buka,” kata Syaiful Islam, Sabtu, 25 Februari 2017, di kantor DPW PAN NTB.

Dengan dibuka secara resmi penjaringan atau pendaftaran bakal calon, maka Bacagub/ Bacawagub yang memiliki niat menggunakan PAN sebagai kendaraan politiknya untuk maju di Pilkada NTB 2018 dipersilahkan mengambil formulir pendaftaran.

Sejauh ini, beberapa kandidat memang telah mulai mendekat dengan harapan dapat diusung oleh PAN. Mereka diantaranya, yakni Wali Kota Mataram, H. Ahyar Abduh, Anggota DPRD NTB, Nurdin Ranggabarani, SH, MH, Dr. H. Zulkieflimansyah, H. M. Suhaili FT, SH hingga Prof. Sunarpi. (ndi/aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here