Ahyar Cuti Mulai Februari

Mataram (Suara NTB) – Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh mulai cuti kampanye 15 Februari hingga 23 Juni mendatang. Jabatannya sebagai kepala daerah akan digantikan oleh Wakil Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana sebagai Pelaksana Tugas (Plt).

Kepala Bagian Pemerintahan Setda Kota Mataram, I Made Putu Sudarsana menjelaskan, sesuai tahapan pelaksana pemilihan kepala daerah dari Komisi Pemilihan Umum, pendaftaran calon dimulai tanggal 8 – 10 Januari. Kemudian, masa kampanye dimulai sejak 15 – 23 Juni.

Iklan

Pada masa kampanye ini kata dia, kepala daerah dipersyaratkan mengajukan cuti selama kampanye. “Kalau sekarang belum. Beliau mulai cuti saat masa kampanye,” kata Putu.

Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permedagri) 74 Tahun 2016 tentang cuti di luar tanggungan negara bagi gubernur dan wakil gubernur, bupati dan wakil bupati, serta walikota dan wakil walikota.

Permendagri ini mengatur bahwa kepala daerah maupun wakil kepala daerah yang maju pada Pilkada menjalani cuti di luar tanggungan negara. Kemudian, dilarang menggunakan fasilitas yang terkait dengan jabatannya.

Ditambahkan Putu, pengajuan cuti akan diminta secara pribadi pada saat melaksanakan kampanye dan ditetapkan sebagai calon kepala daerah. “Berdasarkan aturan fasilitas melekat di jabatan harus dikembalikan,” terangnya.

Selama cuti kampanye sambungnya, berdasarkan Undang – Undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, secara otomatis pelaksana tugas (Plt) Walikota dipegang oleh Wakil Walikota.

Putu mengakui, Permendagri 74 Tahun 2016 tidak menjelaskan detail bagi Wakil Kepala Daerah yang tidak maju. Sehingga informasinya, akan ada perubahan terhadap aturan tersebut. “Pak Wakil yang langsung jadi Plt,” demikian ujarnya. (cem)