Ahyar Abduh Ingin Monumen Mataram Metro Jadi Ikon Terbaik di Indonesia

Mataram (Suara NTB) – Walikota Mataram, H. Ahyar Abduh melakukan peletakan batu pertama pembangunan monumen Mataram Metro, Kamis, 31 Agustus 2017. Monumen dengan  anggaran Rp 5 miliar ini diharapkan menjadi ikon terbaik di Indonesia. “Saya minta monumen ini yang terbaik dari seluruh Indonesia,” harapnya.

Menurutnya, pembangunan monumen penting untuk memberikan citra. Sebab, pindahnya Bandara Selaparang membuat Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Mataram hilang hingga Rp 700 juta. Semenjak ditetapkan sebagai kawasan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) itu bisa digantikan dengan PAD Rp 360 miliar.

Iklan

Mataram sebagai kota metro konsekuensinya menjadi simbol di NTB bagi daerah sekitar harus membuat akses infrastruktur baik di Kota Mataram. “Saya mengusulkan Jalan Bung Hatta ke Utara tembus Gunungsari. Pikirkan saja ada 27 BTN di sana. Masyarakatnya beraktivitas ke Mataram bagaimana majunya daerah pinggiran sana,” paparnya.

Walikota menambahkan, alasan dibangun monumen peningkatan PAD. Sebab, Mataram sebagai kota jasa dan perdagangan membutuhkan simbol atau ikon untuk modal pencitraan agar membangun image di daerah lain bahwa Kota Mataram aman, nyaman, asri, dan masyarakat yang ramah.

Bila image itu terbangun dipastikan wisatawan akan kembali. Ia menegaskan, monumun ini tidak akan menghabiskan anggaran karena perhitungan perencanaannya. “Rencananya kita juga akan bangun modelnya seperti tembulaq di batas kota,” ujarnya.

Di sisi lain, Walikota juga menandatangani kesepakatan dengan bank milik daerah untuk pembayaran non tunai. Lima SKPD yaitu, Bappeda, Badan Keuangan Daerah, Inspektorat, Sekretariat Daerah dan Dinas PUPR Kota Mataram mulai 1 September melakukan transaksi non tunai. Dimaksudkan, agar tidak ada pegawai menerima uang apapun bersumber dari pendapatan secara tunai.

Ini akan menjadi kebanggaan karena Pemkot Mataram menjadi pilot project dari delapan kabupaten/kota se – Indonesia. “Saya harapkan ini bisa meningkat kinerja pejabat untuk memacu kerja keras terbaik,” kata Walikota. (cem)

Advertisementfiling laporan pajak filing laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional