Ada yang Takut Vaksinasi

Yusuf Hidayat Sahidin. (Suara NTB/bay)

PEMENUHAN target vaksinasi coronavirus disease (Covid-19) bagi penduduk lanjut usia (lansia) di Kota Mataram masih cukup berat. Lurah Mandalika, Yusuf Hidayat Sahidin menyebut hal tersebut salah satunya disebabkan banyaknya pemahaman yang salah tentang vaksinasi yang dilakukan.

“Di Kelurahan Mandalika lansia yang masuk dalam progres vaksinasi masih sangat sedikit. Lebih dikarenakan mereka masih was-was atau paranoid dengan kegiatan vaksinasi ini,” ujar Yusuf saat dihubungi, Rabu, 7 April 2021.

Iklan

Untuk mengejar target vaksinasi, pihaknya terus melakukan sosialisasi dan pendekatan kepada masyarakat. Terutama untuk mendorong terciptanya herd immunity atau imunitas kelompok melalui vaksinasi massal tersebut.

Kendati demikian, pihaknya bersama tim kesehatan diakui tidak dapat memaksa masyarakat untuk melakukan vaksinasi tersebut. Sehingga progres sampai saat ini belum menunjukkan peningkatan.

“Kegiatan vaksinasi ini sudah kita sosialisasikan. Namun tidak seperti yang kita harapkan, para lansia masih ada yang takut dan ragu-ragu, walau kami dari Kelurahan sudah memperlihatkan bahwa di Kelurahan saja sudah semua divaksin,” ujar Yusuf.

Di tingkat kelurahan sendiri vaksinasi telah dilakukan bagi seluruh staf dan jajaran pemerintahan, Kepala Lingkungan, Linmas, Kader, dan lain-lain. Hal tersebut diharapkan dapat memberikan keyakinan bagi masyarakat untuk mengikuti dan meyakini vaksinasi aman dilakukan.

Di sisi lain, berdasarkan data terakhir Dinas Kesehatan Kota Mataram Kelurahan Mandalika tercatat masuk dalam zona hijau pandemi Covid-19. Posisi tersebut diharapkan dapat terus bertahan, khususnya di tengah progres vaksinasi yang masih kurang.

Menurut Yusuf, wilayahnya dapat masuk dalam zona hijau pandemi karena masyarakat secara umum memang menjalankan pola hidup bersih dan sehat. “Artinya setiap warga wajib melakukan cuci tangan dengan air bersih, jaga jarak dan tentunya selalu mengenakan masker,” jelasnya.

Penerapan protokol kesehatan tersebut dinilai Yusuf menjadi kunci utama mencegah penularan virus. “Dengan metode ini warga kita bisa masuk dalam zona hijau itu. Karena rata-rata memang patuh dengan imbauan kita. Hanya saja kalau program vaksinasi itu yang masih belum ada respon,” jelasnya. (bay)

Advertisement ucapan idul fitri ucapan idul fitri ucapan idul fitri Jasa Pembuatan Website Profesional