Ada Peserta Bawa Jimat Saat Tes CPNS Kemenkumham di NTB

Mataram (suarantb.com) – Di zaman yang serba modern ini, ternyata masih ada masyarakat yang menaruh kepercayaan pada benda-benda klenik, seperti jimat. Dalam unggahan akun facebook milik Kanwil Kemenkumham NTB tertanggal 27 September 2017 diketahui ada salah seorang peserta tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kemenkumham yang ketahuan membawa jimat.

“Duh….jaman sekarang masih ada aja yang percaya sama jimat. Percaya itu sama Tuhan. Ini kejadian di BKD Provinsi NTB loh, saat panitia melakukan penggeledahan sebelum peserta memasuki ruang ujian. Buat rekan-rekan #PejuangCPNS yang akan mengikuti ujian, hal tersebut jangan ditiru ya… cukup berdoa dan belajar yang rajin setelah itu kerahkan seluruh kemampuan kalian untuk menjawab soal CAT,” demikian isi status yang diunggah Kanwil Kemenkumham NTB.

Iklan

Di bawahnya, ditambahkan pula informasi untuk peserta ujian Computer Assisted Test (CAT) untuk jadwal sesi 3 pada hari Jumat, 29 September 2017 pukul 13.30 WITA agar tidak terlambat datang ke lokasi ujian.

“Diharapkan untuk melaksanakan solat Jumat pada masjid yang dekat dengan lokasi pelaksanaan ujian CAT. Jangan bingung mencari masjid, karena Lombok itu pulau seribu masjid dan banyak masjid yang dekat dengan lokasi ujian,” tulis Kemenkumham NTB mengingatkan peserta tes.

Temuan jimat yang dibawa peserta tes CPNS ini sontak menarik ratusan komentar pada status tersebut. Salah satunya akun Adi Ramadhani yang menyindir pemilik jimat. “Itu yang pake jimat blm tes aja udah bodoh. Apa lagi pas ngejawab soal..jaman sekarang gk ada yang namanya jimat. jimat bergerak aja gk bisa, apalagi ngebantu kamu nyontek,” komentarnya.

Anto Winardi J justru menganggap lucu peserta yang membawa jimat tersebut. “Hahahah,,cpns jaman now,” katanya.

Status milik Kanwil Kemenkumham NTB ini juga disertai foto jimat yang disita dari peserta tes CPNS. Berbentuk segiempat dan berwarna putih dengan dibungkus plastik. Disertai pula dengan tulisan, namun tak jelas memiliki makna apa. (ros)