Ada 1.027 Rumah Tak Layak Huni di Kota Mataram

Mataram (suarantb.com) – Berdasarkan hasil pendataan terakhir tim penanggulangan rumah tak layak huni Kota Mataram di tahun 2016, terdapat sebanyak 1.027 unit rumah yang masih tergolong kumuh di Kota Mataram. Tim penanggulangan rumah tak layak huni yang terdiri dari Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM), Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Kota Mataram, Dinas PU, dan Baznas Kota Mataran, secara berkala setiap tahun tetap melakukan pemantauan dan pendataan rumah tak layak huni di Kota Mataram.

Kepala BPM Kota Mataram, H. Syaiful Mukmin mengatakan, jumlah rumah tidak layak huni masih tersisa sebanyak 1.027 unit. Jumlah tersebut didapatkan setelah pemutakhiran data pada 2016 ini. Menurutnya, dari tahun ke tahun, selalu ada penambahan rumah tidak layak huni baru yang disebabkan oleh usia bangunan.

Iklan

“Rumah yang lima tahun lalu masih bagus, sekarang kan tidak lagi sama keadaannya,” kata Syaiful, Rabu, 7 Desember 2016.

Jumlah rumah tidak layak huni, menurut Syaiful banyak ditemukan pada perkampungan-perkampungan murni seperti Dasan Agung, Gomong, Rembiga, Karang Pule, dan kawasan pesisir. Sebab rumah-rumah di wilayah tersebut tidak sama kondisinya dengan perumahan BTN, sehingga rumah-rumah yang telah mulai lapuk termakan usia pun terdata sebagai rumah tidak layak huni.

Selama  2016, jumlah rumah kumuh yang telah ditangani BPM hanya 30 unit rumah. Masing-masing unit rumah mendapatkan bantuan sebesar Rp 10 juta. “Saya tidak tahu jumlah yang sudah ditangani oleh SKPD yang lain, kalau di kita sendiri ada 30 unit,” sebutnya.

Di 2017 mendatang, bersamaan dengan berlakunya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang baru, BPM sudah terintegrasi dengan SKPD lain. Sehingga tugas-tugas pemberdayaan masyarakat akan diarahkan ke kecamatan dan kelurahan. Sementara sisa rumah tidak layak huni sebanyak 1.027 unit tersebut masih menjadi PR Pemkot Mataram dengan OPD barunya di tahun-tahun berikutnya. (rdi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here