Abu Vulkanik Gunung Agung Sampai ke Mataram, BPBD Kota Mataram Sediakan 10 Ribu Masker

Mataram (suarantb.com) – Abu vulkanik yang berasal dari letusan Gunung Agung Bali diketahui mulai menghujani Kota Mataram. Salah seorang warga, Agus Riyanto menyampaikan pada suarantb.com lapisan tipis abu vulkanik terlihat di rumahnya, yakni pada penjemur pakaian.

“Pada jemuran di rumah saya ada lapisan tipis berwarna abu kehitaman. Laporan teman-teman juga, sopir taksi di pangkalan taksi bandara lama ada bekas abu di taksinya yang ditinggal di sana,” ungkap Agus yang juga Kepala Stasiun Geofisika Mataram ini, Senin, 27 November 2017.

Iklan

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram, Dedi Supriyadi membenarkan sebaran abu vulkanik sudah sampai ke Mataram. Atas kondisi ini, BPBD Mataram mengaku belum menyiapkan 10 ribu masker untuk dibagikan kepada masyarakat.

“Kalau di kota kita ada 10 ribu masker, kurang sih tapi nanti kan ada sumbangan dari yang lain-lain. Kalau tidak hari ini, ya besok kita bagikan. Masyarakat sudah kita imbau juga, kalau tidak perlu keluar rumah ya jangan keluar. Kalau keluar rumah pun harus memakai masker,” jelasnya.

Terkait kemungkinan datangnya pengungsi Gunung Agung ke Kota Mataram, Wakil Walikota Mataram, Mohan Roliskana yang dikonfirmasi suarantb.com menyatakan Mataram siap menyambut kedatangan pengungsi.

“Dari awal semenjak erupsi yang pertama dari BPBD kita juga sudah prepare betul, antisipasi eksodus saudara kita yang dari Bali. Mereka sudah lakukan skenario yang cukup matang untuk itu. Bagaimana mereka datang kemari kemudian kita bantu mencarikan sanak keluarganya di sini. Kami berusaha untuk menampung mereka di sini,” tandasnya. (ros)