988 Mahasiswa Baru Unram Ikuti PKKMB Daring

Rektor Unram H. Lalu Husni membuka PKKMB jalur SNMPTN secara daring, Senin, 3 Agustus 2020. (Suara NTB/dys)

Mataram (Suara NTB) – Sebanyak 988 mahasiswa baru Universitas Mataram (Unram) yang lulus pada jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) daring, Senin, 3 Agustus 2020.

Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum., resmi membuka kegiatan PKKMB Unram jalur SNMPTN secara langsung melalui aplikasi Zoom Meeting.

Iklan

PKKMB Unram tahun akademik 2020/2021 ini mengusung tema Melalui PKKMB Masa Covid-19 Kita Wujudkan Program Merdeka Belajar dan Gerakan Revolusi Mental Menuju Tercapainya Pendidikan yang Berkualitas.

“Saudara-saudara patut bersyukur karena telah diterima menjadi keluarga besar Universitas Mataram melalui jalur SNMPTN,” tutur Prof. Husni.

Dijelaskannya, jalur SNMPTN merupakan salah satu dari tiga jalur penerimaan mahasiswa baru yang cukup prestisius, karena didasarkan pada penelusuran prestasi akademik dan atau portofolio calon mahasiswa.

Dia mengingatkan para mahasiswa baru agar menyalurkan rasa syukur mereka dengan banyak belajar, banyak membaca, mengingat saat ini bahan bacaan sangat mudah didapatkan, bahkan bisa diakses melalui smartphone seperti e-book, e-journal, hasil-hasil penelitian, video pembelajaran, dan lain sebagainya.

“Lebih-lebih pandemi Covid-19 saat ini tidak memungkinkan kita bertatap muka sacara langsung, karena itu pembelajaran jarak jauh atau daring menjadi alternatif, termasuk PKKMB ini,” terangnya.

Rektor Unram ke-9 itu juga menekankan agar mahasiswa baru tidak hanya mengukur keberhasilan mereka dengan peraihan IPK tinggi semata, namun juga harus dibarengi dengan pelatihan soft skill atau kecakapan seperti mampu bersikap jujur, disiplin, bekerja keras, luwes dalam bergaul, memiliki jiwa kepemimpinan dan hidup teratur. Karena itu, terlibat dalam organisasi kemahasiswaan di Unram bisa menjadi jalan bagi para mahasiswa baru untuk mengasah softskill tersebut, ujarnya.

“Untuk hadapi tantangan kedepan, kita harus bekerja keras dan tekad belajar sungguh-sungguh harus ada dalam diri kita agar tidak tertinggal bangsa lain,” ajaknya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni (WR III) Unram Prof. Dr. Ir. Enny Yuliani, M. Si., melaporkan jumlah peserta PKKMB jalur SNMPTN tahun ini adalah 983 orang dan tercatat 925 orang menghadiri PKKMB daring itu.

Prof. Enny menjelaskan PKKMB merupakan kegiatan pengenalan yang terprogram, disusun dalam rangka menyiapkan karakter mahasiswa baru dalam melewati proses transisi untuk menjadi mahasiswa yang dewasa dan mandiri.

“Pelaksanaan PKKMB tahun ini diharapkan bisa menjadi wahana sosialisasi kebijakan merdeka belajar, kampus merdeka, dan menanamkan lima program gerakan nasional revolusi mental,” jelasnya.

Lima Gerakan nasional revolusi mental itu antara lain Indonesia Melayani, Indonesia Bersih, Indonesia Tertib, Indonesia Mandiri dan Indonesia Bersatu.

Dengan demikian materi-materi yang disajikan dalam PKKMB ditujukan dalam rangka pembinaan idealisme, penanaman wawasan kebangsaan, penguatan rasa cinta tanah air dan kepedulian terhadap lingkungan.

“PKKMB dilaksanakan secara singkat, padat dan informatif selama tiga hari, dimulai pukul 7.30 hingga maksimal pukul 12.30 secara daring,” sebutnya.

Guru Besar Fakultas Peternakan Unram itu juga mengharapkan agar PKKMB bisa menjadi media penyadaran mengenai hal-hal yang dapat menjadi penghambat studi mahasiswa baru, termasuk juga menghambat tujuan pendidikan nasional. “Termasuk di dalamnya adalah radikalisme, terorisme, penyalahgunaan narkoba, kekerasan seksual, plagiarisme dan korupsi,” tutupnya. (dys)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here