929 KK Terkena Dampak Banjir Sumbawa

Sumbawa Besar (Suara NTB) – Banjir yang terjadi di Sumbawa pada Minggu, 29 Januari 2017, merendam sejumlah desa di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Labuhan Badas, Kecamatan Unter Iwes, dan Kecamatan Sumbawa. Hasil pendataan yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumbawa dari pihak kecamatan, tercatat sekitar 929 KK yang terendam banjir dan sejumlah fasilitas rusak sedang.

Kepala BPBD Kabupaten Sumbawa, Drs. Zainal Abidin kepada Suara NTB, Selasa, 31 Januari 2017 menyebutkan, di Kecamatan Labuhan Badas sejumlah dusun yang terkena dampak, di antaranya Kampung Hijrah di belakang Kompi, Dusun Kayangan 36 KK, Dusun Tanjung Pengamas 194 KK, Dusun Buin Pandan 83 KK, Kampung Muhajirin, Dusun Olat Rarang 22 KK, Dusun Sumer Payung 305 KK, dan Panca Warga, Dusun Pasir 81 KK.

Iklan

Sedangkan di Kecamatan Unter Iwes, lanjutnya, dua desa yang terkena dampak. Yakni Desa Nijang sekitar 190 KK yang terendam, dan Dusun Sering Ai Mata, Desa Kerato sekitar 8 KK. Adapun di Desa Nijang sejumlah fasilitas rusak sedang.

Mengenai kerugian yang ditimbulkan dari banjir, pihaknya belum mengetahui secara pasti. Nantinya pihaknya akan menyampaikan data yang diperoleh kepada Bupati. Termasuk akan berkoordinasi dengan instansi terkait.

Zainal menjelaskan, pihaknya akan melakukan inventarisir, hal-hal prioritas yang akan diusulkan melalui proposal dalam tahun 2017 ini. Baik kepada provinsi ataupun pusat. (ind)

  Angin Kencang, Bale Kambang di Mayura Tumbang, Lima Kios Tertimpa Pohon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here