83 Persen Pasien Covid-19 di Lotim Sembuh

Pathurrahman (Suara NTB/dok)

Selong (Suara NTB) – Sebanyak 83 persen pasien Corona Virus Disease (Covid-19) terkonfirmasi positif di Kabupaten Lombok Timur (Loim) sudah dinyatakan sembuh. Data terakhir, Jumat, 19 Juni 2020, dari 100 orang terkonfirmasi positif, tersisa tinggal 15 orang yang masih positif dan sembuh sebanyak 83 orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Dr. Pathurrahman kepada Suara NTB mengatakan, sehari sebelumnya Lotim sudah mulai memetakan enam wilayah kecamatan dari 21 kecamatan se Kabupaten Lotim zona hijau. Akan tetapi, muncul tambahan satu kasus di Sakra Barat yang membuat wilayah tersebut kembali dipetakan kuning.

Iklan

“Bagi kecamatan yang masih ada pasien positif diberi warna merah, kuning bagi kecamatan yang masih ada pasien dalam pengawasan, hijau bagi kecamatan yang sudah tidak ada pasien dalam pengawasannya,” terangnya.

Meski demikian, Gugus Tegas tetap mengingatkan dan mengimbau masyarakat untuk tetap disiplin melakukan upaya-upaya pencegahan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. Misalnya, memakai masker, cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan menjaga jarak saat berkerumun dengan orang lain.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kabupaten Lotim, H. M. Juaini Taofik menegaskan, melihat secara data Lotim memang sudah terlihat terkendali dalam covid-nya. Akan tetapi, Pemda Kabupaten Lotim tidak bisa langsung menyimpulkan sendiri sebagai daerah yang bisa langsung menjalankan new normal.

Ditegaskan, Lotim saat ini berada pada fase menuju new normal. Karenanya, mulai dibuka masjid, rencana pondok-pondok pesantren pasar-pasar tradisional, namun tetap harus dengan melakukan protokol kesehatan.

Penekanan Bupati selaku Ketua Gugus Tugas, pelaksanaan protokol kesehatan merupakan sebuah kewajiban, seperti pada ponpes-ponpes yang ada di seluruh Lotim. ‘’Jika tidak melakukan sesuai protokol Covid-19, maka akan dievaluasi kembali,’’ tegasnya. (rus)