8.373 Calon KPM JPS Setara di Kota Bima

Iksan. (Suara NTB/Jun)

Bima (Suara NTB) – Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bima, telah melakukan verifikasi dan validasi data Calon Keluarga Penerima Manfaat (CKPM) program Jaring Pengaman Sosial (JPS) Setara. Dari ribuan CKPM usulan Lurah di 41 Kelurahan, 8.373 Kepala Keluarga (KK) memenuhi persyaratan.

Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin (PFM) Dinsos Kota Bima, H. Iksan, S. Sos., kepada Suara NTB menyampaikan, semua kelurahan sudah mengusulkan CKPM JPS Setara untuk meringankan beban warga terdampak PPKM Mikro.

Iklan

Dari ribuan data yang masuk, 8.373 KK dinyatakan memenuhi syarat karena tidak terdata sebagai penerima bantuan pemerintah seperti PKH, BST dan BPNT. “Baru 8.373 dari kuota 9.500 KPM. Bukan berarti kuota ini harus dipenuhi semua,” terangnya.

Kendati belum memenuhi kuota yang ditetapkan pemerintah daerah. Iksan menegaskan, pihaknya masih membuka ruang untuk pemerintah kelurahan mengusulkan data CKPM. Terutama KK miskin baru yang belum pernah menerima bantuan sosial, pun tidak terdata dalam DTKS Kemensos RI.

Bantuan JPS Setara untuk warga terdampak PPKM di masa pandemi Covid-19 ini, menurutnya salah satu program pamungkas untuk mengisi kekosongan yang selama ini tidak diakomodir pusat. “Konsep kita begitu, sehingga kita minta ke Lurah siapa saja yang layak tapi tidak pernah mendapat bantuan pusat silahkan diusulkan,” jelasnya.

Disinggung kepastian waktu penyaluran JPS Setara, ia mengatakan, karena saat ini dalam pembahasan anggaran perubahan di DPRD. Besar kemungkinan keputusan tersebut diambil setelah agenda selesai. Prinsipnya, secara administrasi Dinsos sudah menyiapkan CKPM JPS Setara. “Jadi ketika sudah ada keputusan tinggal penyaluran saja kepada KPM yang sudah kami verifikasi dan validasi,” pungkasnya. (jun)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional