78.400 Siswa di Lotim Diimunisasi

Pelaksanaan imunisasi terhadap siswa SD-SMP di Kabupaten Lotim untuk menjaga kekebalan tubuh siswa di tengah pandemi Covid-19.(Suara NTB/yon)

Selong (Suara NTB) – Dinas Kesehatan (Dikes) bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Lombok Timur (Lotim) melakukan imunisasi terhadap siswa di awal masuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka. Imunisasi ini dilakukan secara serentak terhadap 78.400 siswa di Lotim untuk satuan pendidikan SD dan SMP.

Kepala Dikes Lotim, dr. H.M. Hasbi Santoso, menegaskan, pelaksanaan imunisasi anak sekolah akan dilaksanakan selama dua bulan dari bulan November hingga Desember 2020. Sasaran imunisasi ini khusus untuk siswa kelas 1 sampai kelas 5 SD dan SMP yang menjadi kewenangan pemerintah kabupaten dalam hal ini Dinas Dikbud Lotim.

Iklan

“Siswa yang kita imunisasi sebanyak 78.400 orang se- Kabupaten Lotim. Serentak kita lakukan dari tim kesehatan dari puskesmas di masing-masing kecamatan,”terangnya, Rabu, 18 November 2020.

Ditambahkannya, imunisasi terhadap siswa penting untuk dilakukan dalam menjaga kekebalan tubuh siswa di tengah pandemi Covid-19. Apalagi saat ini dunia pendidikan di Kabupaten Lotim sudah mulai menerapkan sistem KBM tatap muka dengan interaksi di sekolah maupun di luar sekolah nantinya cukup padat.

Di samping itu, penerapan protokol kesehatan terus diterapkan di masing-masing satuan pendidikan sebagai salah satu langkah efektif agar siswa terhindari dari paparan virus Corona. Beberapa di antaranya dengan konsisten menggunakan masker, menjaga jarak saat berada di sekolah serta rutin menjaga kebersihan diri. Maka dari itu, pihak sekolah diminta agar menyiapkan sarana kebersihan berupa tempat mencuci tangan dan menggunakan sabun.

Menurut mantan Direktur RSUD dr. R. Soedjono Selong ini bahwa imunisasi yang diberikan berupa imunisasi DT (diphteria tetanus) dan TD (tetanus diphteria). Untuk kelas 1 diimunisasi DT, kelas 2 dan 5 diberikan imunisasi TD. “Imunisasi ini pada dasarnya rutin kita lakukan. Tapi sekarang kita intensifkan untuk menangkal virus Corona,”

Meski rutin dilaksanakan setiap tahun, imunisasi kali ini, kata Mansyur, sangat penting bagi siswa untuk meningkatkan kekebalan atau imunitas tubuh mereka di tengah pandemi Covid-19. Sehingga imunisasi ini dipastikan sangat bermanfaat untuk meningkatkan imun peserta didik.

Misalnya, imunisasi DT diberikan untuk mencegah beberapa penyakit infeksi seperti difteri, tetanus, dan batuk (pertusis). Sedangkan imunisasi TD (tetanus diphteria) merupakan imunisasi lanjutan dari imunisasi DT agar anak semakin kebal dengan beberapa penyakit infeksi. (yon)

Advertisementfiling laporan pajak Jasa Pembuatan Website Profesional