7.843 Peserta SKD CPNS Pemprov NTB Wajib Tunjukkan Hasil Swab PCR/Antigen

Muhammad Nasir (Suara NTB/bay)

Mataram (Suara NTB) – Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) telah membuat kebijakan yang harus dipatuhi peserta seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS dan PPPK Non Guru tahun 2021. Sebanyak 7.843 peserta SKD CPNS Pemprov NTB wajib menunjukkan hasil swab PCR atau swab antigen negatif Covid-19.

Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) NTB, Drs. Muhammad Nasir berdasarkan rapat koordinasi yang dilakukan dengan Panselnas secara virtual, Rabu, 25 Agustus 2021. Nasir mengatakan, kebijakan tersebut merujuk rekomendasi Ketua Satgas Covid-19 Nasional mengenai pelaksanaan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Tahun 2021 yang wajib diaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat.

Iklan

‘’Melakukan swab test RT PCR kurun waktu maksimal 2×24 jam atau rapid test antigen kurun waktu maksimal 1×24 jam dengan hasil negatif atau non reaktif yang pelaksanaannya wajib sebelum mengkuti seleksi CASN tahun 2021,’’ ujar Nasir dikonfirmasi Suara NTB, Rabu, 25 Agustus 2021.

Selain itu, kata Nasir, peserta SKD CPNS Pemprov NTB juga diwajibkan menggunakan masker dobel. Yaitu, pertama menggunakan masker 3 lapis dan ditambah masker kain di bagian luar.

Kemudian, peserta wajib menjaga jarak (physical distancing) minimal satu meter. Serta mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer. Ruang kegiatan maksimal diisi 30 persen kapasitas ruangan tempat SKD dilakukan.

Khusus bagi peserta seleksi CASN Tahun 2021 di Jawa, Madura, dan Bali, kata Nasir, wajib sudah divaksin dosis pertama. Nasir menambahkan, Pemda diminta menyiapkan infrastruktur pendukung pelaksanaan seleksi, antara ain tempat/gedung komputer client, jaringan komputer dan internet, genset, sarana dan prasarana untuk pelaksanaan seleksi termasuk sarana prasarana pelaksanaan protokol kesehatan.

Dikatakan, SKD CPNS dan seleksi kompetensi PPPK Non Guru tahun 2021 Instansi Pusat dan Instansi Daerah di lokasi BKN Pusat, Kantor Regional dan UPT BKN akan dimulai pada 2 September 2021. Sedangkan, SKD CPNS tahun 2021 di Provinsi NTB direncanakan 8 September –  5 Oktober 2021, bertempat di Stasiun CAT Mandiri BKD Provinsi NTB.

‘’Bagi titik lokasi ujian mandiri yang jumlah PC client sebanyak 100, maka penyelengaaraan seleksi dapat dlaksanakan paling banyak 4 sesi dan khusus hari Jumat 2 sesi,’’ jelasnya.

Nasir juga mengatakan, Instansi atau Panitia Seleksi direkomendasikan menyediakan tempat untuk melayani peserta rapid test Antigen di lokasi tes. Untuk Panitia Seleksi H-1 dilakukan Rapid Test Antigen dan 1 x diakhir pelaksanaan tes SKD.

‘’Peserta seleksi CASN juga wajib mangisi formulir Deklarasi Sehat yang terdapat di website sscasn.bkn.go.id dalam kurun waktu 14 hari sebelum mengikuti ujian seleksi. Dan paling lambat pada H-1 sebelum ujian SKD.

‘’Formulir yang telah diisi wajib dibawa pada saat pelaksanaan seleksi dan ditunjukkan kepada petugas sebelum dilakukan pemberian PIN registrasi,’’ jelasnya.

Sementara itu, kata Nasir, untuk jadwal seleksi kompetensi PPPK Guru akan disampaikan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Jumlah pelamar CPNS Pemprov NTB yang dinyatakan lulus seleksi administrasi sebanyak 7.843 orang. Mereka inilah yang berhak ikut tes SKD pada 8 September sampai 5 Oktober mendatang. (nas)

AdvertisementJasa Pembuatan Website Profesional