7.790 Siswa SMP/MTs di Mataram Dipastikan Ikut UNBK

Ilustrasi Ujian Nasional (suarantb.com/dok)

Mataram (Suara NTB) – Sebanyak 7790 Siswa SMP/MTs negeri dan swasta di Kota Mataram dipastikan akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada tahun 2020 ini. Terkait kondisi masih kekurangan sarana penunjang, diupayakan opsi meminjam ke orang tua siswa atau meminjam ke SMA/SMK.

Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian, Bidang Dikdas Disdik Kota Mataram, Syarafudin, Selasa, 11 Februari 2020 menyebutkan 7.790 siswa SMP/MTs negeri dan swasta  akan mengikuti UNBK tahun 2020, dengan rincian, 6.028 siswa SMP/MTs negeri dan 1.762 siswa SMP/MTs swasta.

Iklan

Sementara itu terkait jumlah sekolah, sebanyak 27 SMP/MTs negeri akan menggelar UNBK, dan 40 SMP/MTs swasta menggelar UNBK. “Semua sekolah akan melaksanakan UNBK. Simulasi sudah dilakukan. Nantinya akan ada gladi bersih menjelang pelaksanaan UNBK,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Mataram, Drs. H. Lalu Fatwir Uzali, S.Pd., M.Pd., mengatakan, kendala yang masih dialami oleh SMP di Mataram yaitu kurangnya komputer klien dan server. Pihaknya mendiskusikan cara agar melengkapi kekurangan sarana di sekolah. “Kami masih cari informasi dari kepala sekolah. Mereka menyampaikan hambatan dan solusi, kita juga sudah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi. Kita berharap semua berjalan dengan baik, walaupun ujian ini terakhir kita coba pelaksanaan ujian terbaik,” ujarnya.

Solusi yang dilakukan oleh sekolah, kata Fatwir yaitu mengupayakan meminjam laptop milik siswa, orang tua siswa, laptop guru dan sekolah, dan terakhir meminjam ke SMA dan SMK terdekat. “Kita sudah koordinasi dengan kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Provinsi NTB, sekolah juga memperdalam kesepakatan itu, lobi dengan SMA/SMK tedekat. Kalau ada perjanjian teknis seperti MoU, silakan saja,” ujar Fatwir.

Berdasarkan jadwal Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2019/2020, UNBK SMP sederajat akan dilaksanakan pada 20, 21, 22, dan 23 April 2020. Sedangkan, UNBK SMK akan dilaksanakan pada tanggal 16, 17, 18,  dan 19 Maret tahun 2020. Sementara untuk jenjang SMA sederajat akan dilaksanakan pada 30 dan 31 Maret, dan 1 dan 2 April 2020. (ron)