7.000 Pelamar CPNS Terpental

Para peserta CPNS Kota Mataram tengah mengejakan soal SKD di Grand Imperial Ballroom Kota Mataram. (Suara NTB/lin)

Mataram (Suara NTB) – Jumlah pelamar CPNS Kota Mataram sebanyak 7.216 orang. Yang lolos Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) hanya 145 orang saja. Lebih dari tujuh ribu peserta terpental pada tahap ini.

“Jangan patah semangat dulu untuk para peserta yang tidak lolos SKD. Hari Senin kita lihat seperti apa keputusan dari Menpan. Karena ini belum memenuhi kuota tiga kali formasi untuk lanjut ke tahap selanjutnya,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Mataram, Baiq Ney Kusumawati, Minggu, 11 November 2018.

Iklan

SKD CPNS Kota Mataram telah berakhir pada Sabtu (10/11) dengan empat sesi. Meski hanya 145 saja yang lolos, namun Nelly melihat ini ada kemajuan dibandingkan daerah lain yang bahkan tidak mencapai 100 orang peserta yang lolos. “Meski begitu, kita akan upayakan agar ada perangkingan. Karena ini kan banyak yang tidak terpenuhi formasinya,” ujarnya.

Formasi CPNS untuk Kota Mataram sebanyak 262 orang. Sementara untuk Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan diambil tiga kali formasi. Artinya, harus ada 786 orang yang mengikuti SKB. Namun, jumlah peserta yang lolos SKD hanya 145 saja.

“Jumlah itu tentu masih jauh dari formasi yang dibutuhkan. Makanya nanti ini kita lihat seperti apa keputusan dari Menpan. Karena tidak mungkin formasi ini kita biarkan kosong,” ujarnya.

Ia belum mengetahui pasti solusi yang akan diberikan oleh Menpan RB. Apakah dengan menurunkan standar passing grade atau dengan merangking peserta dengan nilai tertinggi sesuai dengan formasi. “Ini kita belum tahu seperti apa. Kalau memang belum ada solusi, kami akan pergi ke Jakarta untuk langsung meminta solusi terbaik,” ujarnya.

Pihaknya belum dapat mengumumkan hasil dari SKD itu saat ini. Pasalnya, SKD dari daerah lain atau dari Provinsi NTB juga belum selesai dilakukan. Kemungkinan akan menunggu itu juga sebelum Nelly ke Jakarta menanyakan prihal solusi kekurangan jumlah formasi yang lolos.

“Kalau tidak bisa dalam waktu dekat ini, ya kita tunggu dulu yang Provinsi selesai. Kan sampai tanggal 17 ini. Pokoknya jangan patah semangat dulu kepada para peserta, kita upayakan solusi yang terbaik,” ujarnya. (lin)