686 Jabatan Struktural Eselon IV Pemprov NTB akan Dihapus

Lalu Hamdi (Suara NTB/nas)

Mataram (Suara NTB) – Pemprov melalui Biro Organisasi Setda NTB telah merampungkan pemetaan jabatan struktural eselon IV yang akan dialihkan ke jabatan fungsional. Dari 1.125 jabatan eselon IV lingkup Pemprov NTB, sekitar 61 persen yang akan dialihkan ke jabatan fungsional.

Artinya, ada sekitar 686 jabatan struktural eselon IV yang akan dihapus. Ratusan pejabat yang sebelumnya menduduki jabatan struktural tersebut, kemudian akan dialihkan ke jabatan fungsional.

Iklan

“Sekarang ini kita sudah siapkan dua dokumen. Satu, dokumen tentang struktur organisasi. Kedua, dokumen tentang penyetaraan jabatan,” kata Kepala Biro Organisasi Setda NTB, Ir. Lalu Hamdi, M. Si., dikonfirmasi Suara NTB, Kamis, 10 Juni 2021.

Hamdi menjelaskan berdasarkan Permen PANRB  No. 17 Tahun 2021, penyetaraan organisasi baru boleh dilakukan ketika sudah ada struktur organisasi yang baru. Sehingga, terlebih dahulu dilakukan penyederhanaan birokrasi.

“Itu sudah kita rancang, sekarang sudah selesai. Kemudian diikuti dengan pemetaan dan penyetaraan jabatan administrasi ke jabatan fungsional. Jadi, struktur organisasi itu adalah rumahnya. Kemudian isinya adalah penyetaraan jabatan ke fungsional,” jelasnya.

Hamdi menjelaskan ada empat OPD yang dikecualikan terkait dengan peralihan jabatan eselon IV ke jabatan fungsional, tetapi terbatas. Seperti BPKAD, Dinas PUPR, Disnakertrans, dan Dinas Kesehatan. “Masih boleh ada eselon IV, tapi hanya dua jabatan setiap bidang,” terangnya.

Dalam Permen PANRB No. 17 Tahun 2021, memuat ketentuan batas waktu pengusulan penyetaraan jabatan di lingkungan instansi pusat dan daerah. Batas waktu terakhir adalah 30 Juni 2021. (nas)

Advertisement Jasa Pembuatan Website Profesional