6.000 Warga Dompu Masih Menunggu e-KTP

Dompu (Suara NTB) – Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dinas Kependudukan dan Cataan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Dompu, Afifudin, SE mengungkapkan, masih ada ribuan lebih penduduk belum bisa mencetak e-KTP lantaran nihil ketersedian blangko. Tercatat Agustus-Oktober 2016 lalu, permohonan yang diterima 6.000 lebih. Itu belum termasuk data pendaftar yang masuk dua bulan terakhir yang diperkirakan 4.000 lebih.

Minimnya ketersediaan blangko ini kata Afifuddin, merupakan persoalan nasional dan telah disikapi pihak Kementerian dengan mengeluarkan surat edaran agar menggunakan surat keterangan sementara. “Nanti tetap akan kita cetak KTP-nya sesuai jumlah penduduk yang telah mengantongi surat keterangan,” katanya kepada Suara NTB di ruang kerjanya, Jumat, 16 Desember 2016.

Iklan

Diperkirakan pencetakan e-KTP ini akan bisa dilakukan April 2017 mendatang, karena masih banyak proses yang akan dilakukan untuk pengadaan belangko. Terkait semakin tingginya jumlah pemohon yang akan mengantri kedepan, pihaknya akan menginisiasinya dengan pencetakan bertahap sesuai bulan permohonan diajukan.

Katanya, dalam perekaman e-KTP masyarakat hanya diminta melengkapi persyaratan berupa foto copy Kartu Keluarga (KK), selanjutnya tidak ada lagi persyaratan lain berupa pembayaran administrasi. Jika masyarakat menemukan petugas yang memungut biaya, Affifudin meminta segera melapor ke pihaknya. “Semua dokumen sekarang gratis tidak ada bayaran sedikitpun,” tandasnya. (jun)

  Anggota Dewan Dompu Bakal Bawa Pulang Hingga Rp 30 Juta Perbulan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here