545 Personel Kawal Debat Kandidat Cagub-Cawagub NTB

Mataram (Suara NTB) – Debat kandidat perdana empat pasang Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur NTB bakal digelar malam ini, Sabtu, 12 Mei 2018. Sebanyak 545 personel kepolisian dan TNI dikerahkan untuk mengamankan kegiatan tersebut. Peta pengamanan dibagi dalam tiga ring.

Kepala Bagian Operasi Polres Mataram, Kompol Taufik menyebutkan, sejumlah personel ditempatkan menyebar di tiga ring, dengan ring 1 sebagai lingkar keamanan tertinggi.

Iklan

‘’Lokasi debat nanti berada di ring satu. Setiap yang masuk akan diperiksa secara ketat,’’ katanya ditemui di Mapolres Mataram, Jumat, 11 Mei 2018.

Ring 1 merupakan kawasan dengan tingkat pengamanan tertinggi. Peserta yang masuk ke wilayah ini harus melengkapi diri dengan tanda pengenal resmi dari KPU NTB. Untuk masuk ke ruangan di lokasi pun tidak bisa main nyelonong.

Polisi akan memeriksa badan setiap orang yang masuk ring 1. ‘’Tentu yang dilarang itu senjata tajam, ikat pinggang dengan mata besar, bahkan parfum semprot pun akan kita pertimbangkan diamankan di luar,’’ jelasnya.

Peserta yang boleh masuk ke ring 1 pun dibatasi. Taufik mengatakan, masing-masing Paslon hanya diperbolehkan membawa 75 orang pendukung, estimasi total pendukung paslon di ring 1 sejumlah 300 orang.

Mekanisme pengamanan yang sama juga berlaku untuk ring 2. Sementara di ring 3 atau di jalan raya, tim pengamanan akan mensterilisasi benda-benda asing seperti kayu balok, batu, kerikil, sampai botol bensin eceran.

‘’Yang jualan bensin kita minta tidak jualan dulu untuk malam debat itu. Intinya semua yang berpeluang dipakai massa apabila terjadi kerusuhan kita amankan,’’ kata Taufik.

Rencana pengamanan itu sudah disusun.  Teknisnya pun sudah disinkronkan ke tim pemenangan masing-masing paslon, KPU, dan Bawaslu.  ‘’Ada 545 personel yang kita turunkan.  Dari Polres, Polda, Brimob dan rekan TNI. Semua akan berada di tiga ring pengamanan,’’ jelas mantan Kapolsek Mataram ini. (why)