500 Unit Rumah Korban Gempa Terbangun di KSB

RUMAH - Salah satu rumah warga korban gempa di desa persiapan Lamunga, kecamatan Taliwang yang dikunjungi bupati akhir pekan lalu. (Suara NTB/Humas Pemda KSB)

Taliwang (Suara NTB) – Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr. Ir. H. W. Musyafirin, MM mengapresiasi capaian jumlah rumah korban gempa yang telah berhasil diperbaiki melalui program rehabilitasi dan rekonstruksi (Rehab Rekon) sejauh ini.

Menurut Bupati, dari 18.514 rumah yang terverifikasi menjadi korban gempa 19 Agustus lalu hingga saat ini telah selesai terbangun sekitar 500 unit. Capaian itu sangat bagus mengingat dana yang dikucurkan pemerintah pusat belum mencapai setengah dari jumlah rumah yang telah selesai dibangun. “Alhamdulillah akselerasi kita menjalankan program ini sangat bagus. Sekarang sudah lebih dari 500 rumah selesai dan banyak dari itu yang sudah mulai ditempati oleh pemilik,” terangnya.

Iklan

Ia mengatakan, banyaknya rumah yang telah berhasil direhabilitasi di KSB pasca gempa tidak semata karena kecepatan pemerintah merespon program dari pusat itu. Tetapi karena adanya keinginan kuat masyarakat untuk segera menempati rumah mereka lagi. Dengan keinginan itulah, masyarakat turut ambil bagian secara aktif dengan penuh kesadaran membangun rumah mereka sendiri sementara waktu sambil menunggu kucuran dana bantuan dari pusat.

“Kalau saja tidak ada keinginan kuat masyarakat seperti itu tidak mungkin sebanyak itu rumah yang sudah dibangun,” cetusnya.

Menurut bupati, terkait dana rehabilitasi yang disiapkan pemerintah pusat, Pemda KSB akan terus mengupayakan percepatan pencairannya hingga ke tangan masyarakat. Sebab di tingkat lapangan saat ini, banyak rumah yang mulai dibangun memanfaatkan dana secara mandiri pemilik rumah. Dan pembangunannya sendiri tetap mengikuti prosedur yang telah diatur dalam program rehabilitasi rumah warga korban gempa tersebut. “Sekarang kan yang SK tahap pertama sudah clear dananya. Informasi dari BPBD sudah masuk yang SK tahap dua, dan kita akan upayakan tahap-tahap berikutnya sampai semua 18 ribu lebih itu bisa cair secepatnya,” timpalnya. (bug)